Sukses

Survei ASI: Kinerja Heru Budi Hartono di Bidang Kesehatan, Keamanan, Hukum Cukup Puas

Selain hasi kerjanya, ASI juga merilis hasil survei yang memaparkan bahwa sosok kepemimpinan Heru Budi Hartono dinilai cukup baik.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei bertema "Evaluasi Kinerja dan Peta Pemilu Pilkada DKI Jakarta 2024". Dalam survei tersebut ditemukan beberapa point temuan tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepemimpinan Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta. 

"Dari survei yang diilaksanakan melalui wawancara tanpa muka tersebut, sebanyak 60% masyarakat mengakui puas (gabungan sangat puas 3,8% dan cukup puas 57,0%) terkait kepemimpinan Heru Budi Hartono selama 6 bulan terakhir," kata Direktur Eksekutif ASI Ali Ri'fan dalam paparannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Mei kemarin. 

Sementara, untuk mereka yang tidak puas mendapat prentase 32,3% (gabungan kurang puas 30,0% dan sangat tidak puas 2,3%) dan 7% tidak tahu atau tidak menjawab. 

Survei dilaksanakan pada tanggal 11-18 Mei 2023, melalui metode penarikan sampel Multistage Random Sampling dengan jumlah responden 400 responden dengan margin of error +/- 4.9% pada tingkat kepercayaan 95%.  

Selain itu, Ali juga merinci tingkat kepuasan publik terhadap Kinerja Heru Budi dalam sejumlah bidang. Bidang kesehatan (67,8% mayarakat cukup puas dilanjutkan dengan 21% masyarakat merasa kurang puas, serta 1% masyarakat merasa sangat tidak puas), bidang pendidikan (64% masyarakat cukup puas dilanjutkan 22,5% merasa kurang puas dan 1,5 % merasa sangat tidak puas).

"Dalam bidang keamanan, sebanyak 60,5% masyarakat mengaku merasa cukup puas, kemudian 29% masyarakat menjawab kurang puas dan sebanyak 2,5% merasa tidak puas," kata Ali. 

Pada bidang hukum (54,4% masyarakat sudah merasa cukup puas, 29,8% masyarakat merasa kurang puas dan 2,8% menjawab sangat tidak puas), bidang ekonomi (53,8% menjawab cukup puas, 34,8% menjawab kurang puas dan dilanjutkan 3,3% menjawab sangat tidak puas). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seberapa Puas Masyarakat Terhadap Kinerja Heru Budi?

Survei ini juga memaparkan seberapa puas masyarakat DKI Jakarta terhadap kinerja pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Heru Budi Hartono selama enam bukan terakhir.

Mencakup pengendalian banjir sebanyak 56,8% masyarakat menjawab cukup puas disusul dengan 28,8% masyarakat merasa kurang puas, 2,3% masyarakat merasa sangat tidak puas, lalu 4,5% masyarakat menjawab tidak tahu).

Selanjutnya pada antisipasi dampak penurunan ekonomi pasca-pandemi (sebanyak 46,5% masyarakat menjawab 46,5% masyarakat merasa sangat puas, sedangkan yang lain sebanyak 33% menjawab kurang puas dan 4% merasa sangat tidak puas).

Untuk penanganan kemacetan (41,5% masyarakat menjawab cukup puas dan laki ya 43% merasa kurang puas dan 4,5% menjawab sangat tidak puas). 

Selain hasi kerjanya, ASI juga merilis hasil survei yang memaparkan bahwa sosok kepemimpinan Heru Budi Hartono dinilai cukup baik.

"Sebanyak 70,7% masyarakat DKI Jakarta mengatakan baik (gabungan sangat baik 5,2% & cukup baik 65,5%) terkait kesan terhadap sosok Heru Budi Hartono dalam memimpin DKI Jakarta selama enam bulan terakhir," kata Ali saat memaparkan hasil surveinya. 

Sementara, yang mengatakan tidak baik 21,4% (gabungan kurang baik 19,9% & sangat tidak baik 1,5%), dan yang tidak tahu/tidak jawab 7,9%.

3 dari 3 halaman

Survei ASI Terkait Persoalan Pokok Warga DKI Jakarta

Kemacetan, banjir, persoalan sampah hingga sulitnya mencari lapangan kerja juga menjadi permasalahan pokok yang harus dihadapi warga DKI Jakarta saat ini. 

"Terkait masalah pokok warga DKI Jakarta, masalah macet (26,8%) adalah masalah yang paling utama. Disusul harga kebutuhan pokok mahal (23,0%), susah mencari lapangan kerja (16,3%), masalah banjir (11 ,8%), dan isu sampah (5,8%). Sementara, yang tidak tahu/tidak jawab 5,8%," tutur Ali Rif’an di Hotel Cikini, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta. 

Menyikapi semua permasalah yang dihadapi warga DKI Jakarta tersebut, menurut Ali, preferensi pemimpin yang dibutuhkan mendatang selain soal integritas, juga orang yang bisa bekerja dengan cepat dan cekatan. 

Berikut ini karakter pemimpinan yang diinginkan warga DKI Jakarta. Pertama, jujur (27,0%) adalah karakter yang paling banyak dipilih dan selalu menjadi peringkat teratas pada survei manapun. 

Kedua, pemimpim yang cepat atau responsif (24,3%). Hal ini dinilai perlu dikarenakan banyaknya permasalahan di Ibu Kota yang harus diselesaikan.

Sedangkan point berikutnya, merakyat sebesar 18,0%, tegas 11,5%, dan religius 5,3%. Sementara, yang tidak tahu/tidak jawab sebesar 8,3%. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.