Sukses

Sukses di Sea Games 2023, Erick Thohir Hidupkan Kembali Gagasan Revolusi Mental Jokowi

Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara mengatakan gagasan revolusi mental yang terinspirasi dari sepak bola dijadikan oleh Erick Thohir sebagai sebuah bentuk pengejawantahan dari program Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional U-22 berhasil menyumbangkan emas bagi Indonesia di SEA Games 2023. Mental dan nyali yang kuat para pemain Garuda Muda membuat Indonesia akhiri puasa emas di cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games selama 32 tahun.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendorong agar inspirasi keberhasilan Timnas U-22 sebagai langkah yang bagus dalam memulai revolusi mental. Hal itu agar masyarakat mampu terdorong memiliki semangat dan mental yang kuat, pekerja keras dan bangkit sebagai bangsa pemenang.

Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara mengatakan gagasan revolusi mental yang terinspirasi dari sepak bola dijadikan oleh Erick Thohir sebagai sebuah bentuk pengejawantahan atau mewujudkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, revolusi mental merupakan gagasan yang dikampanyekan Presiden Jokowi sejak Pilpres 2014 dan 2019 sehingga terpilih menjadi presiden. Hal itu kini mulai dihidupkan kembali oleh Erick Thohir dengan kerja nyatanya.

“Nah Erick itu menunjukkan sebenarnya Pak Erick Tohir itu yang dianggap mampu untuk mengejawantahkan atau mengimplementasikan beberapa program atau diksi dari Presiden Jokowi yang sekarang itu redup,” ujar Igor, Minggu (21/5/2023).

Igor menambahkan, Erick Thohir yang juga Menteri BUMN itu berhasil menjalankan spirit revolusi mental Jokowi dengan baik, berkorelasi positif dengan kerja kerasnya memberikan motivasi terhadap kinerja BUMN sehingga tertanam "mental juara".

Hal itu tercermin dalam laporan keuangan masing-masing perusahaan plat merah. Pendapatan konsolidasi BUMN pada kuartal I-2023 menyentuh Rp 730 triliun, naik 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang Rp 630 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laba Bersih BUMN Tahun 2022

Pada 2022, BUMN laba bersih BUMN secara konsolidasi mencapai Rp 303,7 triliun. Dengan demikian, terdapat kemungkinan peningkatan laba yang sangat signifikan sebesar Rp 179 triliun. Dengan laba yang terus meningkat tersebut diperkirakan negara akan mendapatkan dividen tak kurang dari Rp 80,2 triliun.

“Revolusi mental ini nyaris tidak terdengar wus-wus kalau iklan itu ya, dihidupkan lagi oleh Pak Erick Thohir, disamping menjadi menteri BUMN yang dia bisa meraup keuntungan triliunan lalu dia memenangkan SEA Games menjadi ketua PSSI dan sukses,” paparnya.

Lanjut Igor, kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 kemarin, dapat sedikit terobati oleh prestasi timnas U-22 meraih medali emas di SEA Games Kamboja di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai ketua PSSI nya.

Dikatakan Igor, revolusi mental Presiden Jokowi dapat diteruskan oleh Erick Thohir sebagai motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.

“Di bawah Erick Thohir Indonesia mampu tuh di SEA Games lalu juara, dia sekarang punya tugas untuk mentransformasikan bagaimana Indonesia itu memiliki gagasan menghidupkan lagi gagasan revolusi mental sebagai tulang punggung lah menuju Indonesia emas 2045,” jelasnya.

“Yang Pak Jokowi bilang di Musra itu 13 tahun lagi kita akan menjadi negara maju kalau tidak salah jalan nah salah satunya itu Revolusi Mental,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Salah Satu Tokoh yang Diendorse Jokowi

Selain itu, Igor menjelaskan salah satu tokoh yang di endorse oleh Presiden Jokowi untuk menjadi penerusnya sebagai cawapres terkuat yaitu Erick Thohir.

Nama Erick Thohir, kata Igor menurut hasil survei yang dilakukan lembaganya memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres yang dapat membantu mendongkrak perolehan suara capres pasangannya.

“Erick Thohir itu salah satu cawapres yang sebenarnya di endorse oleh Pak Jokowi. Nah cawapres ini menjadi salah satu bentuk kemenangan nanti siapa yang kelak bisa menjadi pemenang dalam 2024. Cawapres yang beredar sekarang yang tinggi elektabilitasnya itu Erick Thohir,” jelasnya.

“Sebenarnya Pak Erick paling bisa yang menjadi cawapres unggulan karena dia mampu mengimplementasikan gagasan Pak Jokowi terkait apa yang ingin dicapai Indonesia salah satunya itu Revolusi Mental,” tukas Igor.

4 dari 4 halaman

Gelorakan Kebangkitan Indonesia

Sebelumnya, Erick Thohir menggelorakan kebangkitan sepak bola Indonesia sekaligus revolusi mental setelah meraih medali emas SEA Games 2023.

Hal tersebut disampaikan Erick saat mengikuti konvoi medali emas di sepanjang kawasan Sudirman. Saat arak-arakan tepat berada di Bundaran Hotel Indonesia, Erick menyampaikan pidato singkat.

"Kita bangkitkan sepak bola Indonesia. Kita revolusi mental dari sepak bola. Setuju? Terima kasih. Siapa kita? Indonesia!" Teriak Erick Thohir.

Pesan yang sama kembali diucapkan Erick ketika rombongan pemain tiba di VIP Barat SUGBK.

"Revolusi mental kita mulai dari sepak bola. Setelah itu revolusi mental untuk Indonesia. Mau juara lagi? Sabar, satu satu," ucap Erick di atas panggung.

Timnas Indonesia U-22 menjalani kirab medali emas SEA Games bersama atlet lainnya pada Jumat (19/5). Ini sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan meraih medali emas SEA Games setelah 32 tahun (terakhir 1991).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.