Sukses

Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023, Jokowi: Selamat Garuda Muda!

Timnas Sepakbola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Bermain di Olypic Stadium Phnom Phen, Selasa, 16 Mei 2023, pasukan Indra Sjafri berhasil memukul Timnas Thailand dengan skor 5-2.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Sepakbola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Bermain di Olypic Stadium Phnom Phen, Selasa, 16 Mei 2023, pasukan Indra Sjafri berhasil memukul timnas Thailand dengan skor 5-2.

Keberhasilan ini pun diapresiasi banyak pihak, salah satunya Presiden Joko Widodo. Dalam akun Instagramnya, Presiden mengucapkan selamat kepada timnas Indonesia yang telah membuat harum nama bangsa.

"Perjuangan pemain sepakbola muda Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja malam ini begitu luar biasa. Pertandingan yang dramatis, yang diwarnai hujan kartu merah dan kartu kuning, gol-gol indah bahkan di detik-detik tambahan waktu, tersaji dalam 120 menit," ucap Jokowi di akun Instagramnya.

"Malam ini, tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepakbola dari SEA Games 2023, dengan mengalahkan tim kuat Thailand 5-2 di final. Sebuah penantian panjang selama 32 tahun yang berbuah manis," ucap Jokowi.

Jokowi mengaku menyaksikan perjuangan Witan Sulaeman dkk dari layar kaca.

"Dari Medan, Sumatra Utara, saya menyaksikan perjuangan Tim Nasional Indonesia U-22 dengan tegang namun puas. Selamat, Garuda Muda!" ucap Jokowi.

Hasil ini sekaligus menyudahi dahaga selama 32 tahun penantian skuat Garuda memperoleh medali emas dalam ajang SEA Games. Terakhir kali timnas Indonesia berhasil membawa pulang emas cabang olahraga sepakbola pada tahun 1991 silam.

Timnas Indonesia sebetulnya tiga kali masuk final SEA Games yakni pada 2011, 2013, dan 2019. Namun sayang, pasukan Garuda selalu tumbang di tiga laga final itu melawan Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Dengan begitu, ini menjadi emas ketiga Indonesia dalam cabang sepakbola SEA Games setelah 1987 dan 1991.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Luar Biasa Pelatih Indra Sjafri

Menjuarai SEA Games 2023 semakin melengkapi prestasi Indra Sjafri sebagai pelatih di level umur timnas Indonesia. Sebelumnya Indra Sjafri sukses juara Piala AFF U-19 dan U-22.

Di SEA Games, Indra Sjafri memperbaiki prestasinya di tahun 2019 lalu yang cuma bisa mendapatkan medali perak. Saat itu Indonesia kalah dari Vietnam 0-3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.