Sukses

Deretan Wajah Baru Artis Ibu Kota Digandeng Parpol Jadi Caleg di Pemilu 2024

Selain Verrell, rombongan artis lainnya yang digaet PAN untuk menjadi caleg di Pemilu 2024 adalah Astrid, istri dari Uya Kuya hingga Elly Sugigi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024, pada Minggu kemarin, 14 Mei 2023. Ada sederet artis baru yang digandeng sebagai caleg oleh sejumlah partai politik (parpol) untuk meramaikan pesta demokrasi 2024 nanti.

Dari partai yang diketuai oleh Giring Ganesha, sebut saja di antaranya ada Badai Kerispatih dan Komika Rony Immanuel alias Mongol.

Kemudian dari Partai Amanat Nasional (PAN), ada putra sulung artis Venna Melinda, Verrell Bramasta. Aktor muda sinetron dan layar lebar tersebut akan maju sebagai caleg di dapil Jawa Barat pada Pemilu mendatang.

"Bakal nyaleg Insyaallah di Jawa Barat. Jabar berapanya masih rahasia," tutur Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, Kamis, 9 Februari 2023 lalu.

Selain Verrell, rombongan artis lainnya yang digaet PAN untuk menjadi caleg pada Pemilu 2024 adalah Astrid, istri dari Uya Kuya hingga Elly Sugigi.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga turut ambil bagian. Mereka ikut mendaftarkan komedian kondang Tanah Air, Sunarji atau akrab disapa Narji, pada Senin, 8 Mei 2023.

"Cita-cita saya enggak banyak, cuma di Dapil saya di Jateng itu 10, pertanian ya. Pertanian di sana anak mudanya seolah-olah di kampungnya enggak ada tempat rezeki. Kita cari rezeki bareng-bareng di kampung kita," kata Narji kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Berikut sederet nama artis Ibu Kota yang ikut pada Pemilu 2024 beserta bendera partai yang mengusungnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. PAN

Partai Amanat Nasional (PAN) menggaet sejumlah artis dan keluarga artis menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta melalui Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN, Eko Hendro Purnomo atau yang akrab disapa Eko Patrio saat ditemui di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Jumat (12/5/2023).

"PAN adalah partai terbuka untuk menjadi anggota Dewan selama dia mewakafkan dirinya untuk mengabdi kepada masyarakat," kata Eko dilansir dari Antara.

Eko menyebutkan, beberapa artis dan keluarga artis yang digaet untuk jadi caleg dari PAN pada Pemilu 2024, yakni Astrid istri dari Uya Kuya hingga Elly Sugigi.

"Di sini ada Adelia istrinya Pasha Ungu, Astrid istrinya Uya Kuya, Elly Sugigi, Opa Gala (Haji Faisal) mertua almarhumah Vanessa Angel, tentunya disupport oleh Oma Gala," ucap Eko.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto juga menyatakan bahwa aktor Verrell Bramasta telah resmi menjadi kader PAN.

Putra dari artis Venna Melinda itu menurut Yandri akan maju Pileg di dalil Jawa Barat pada Pemilu 2024 mendatang. Namun, dia masih enggan membeberkan akan maju di dapil Jabar berapa.

Sementara itu, Waketum Perempuan Amanat Nasional (Puan) Putri Zulkifli Hasan mengatakan ketertarikan Verrel untuk bergabung dengan PAN sudah berlangsung sejak 6 bulan lalu.

"Makanya kita sering discuss ternyata Verrel itu juga punya interest keinginan untuk masuk ke politik," kata Putri di DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023). 

3 dari 5 halaman

2. PKS

Komedian Sunarji maju menjadi Calon Legislatif (Caleg) pada Pemilu 2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pria yang akrab disapa Narji ini akan maju di Dapil Jateng X dengan wilayah Batang, Pekalongan, Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Ia menyebut, untuk usia produktif di kampungnya itu melakukan hijrah ke Jakarta. Sehingga, lebih banyak usia lansia atau orangtua yang berada di kampungnya itu.

"Di sana tuh usia produktif larinya ke Jakarta semua. Akhirnya di kampung saya adanya cuma nenek-nenek sama kakek-kakek. Anda di kampung saya, kalau shooting nyari figuran nenek-nenek enggak perlu pusing-pusing casting, banyak banget di tiap rumah ada 2," sebutnya.

"Yang produktif ke Jakarta, balik ke kampung dalam keadaan sudah pensiun akhirnya menjadi beban pemerintah daerah sana," sambung Caleg PKS ini.

Sehingga, eks personel group lawak Cagur ini ingin membangun anak-anak milenial di kampung halamannya dengan cara menciptakan dan mengembangkan usaha kreatif, UMKM, hingga olahraga.

Narji mengatakan, bila lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 dari PKS, dia akan memilih berada di komisi yang membidangi bidang olahraga atau pun pertanian.

Apakah Ada Mahar Politik?

Narji menegaskan, untuk bergabung dan maju menjadi Caleg pada Pemilu 2024 tidak ada mahar yang ia berikan kepada PKS.

"Enggak ada, maharnya hati bro. Artinya niat baik saya masuk PKS bersambut dengan niat baik PKS," tegasnya.

"Untuk kalangan teman-teman kita yang masih umur-umur di bawah 50 untuk bergabung ke sana untuk mencalonkan diri, ya Alhamdulillah gayung bersambut. Saya akan maju di Jateng 10 bersama PKS," sambungnya.

Narji mengungkapkan, untuk maju dalam Pemilu 2024, sudah melakukan sejumlah persiapan seperti melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah yang menjadi dapilnya itu.

4 dari 5 halaman

3. PDIP

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan sebanyak 580 caleg DPR telah mendaftar ke KPU. Dari angka tersebut sebanyak 33 persen caleg perempuan.

Sementara, dari kalangan budayawan, seniman, dan artis 14 orang. "Dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen sebagai komitmen PDIP," jelas Hasto.

Dalam konteks memperkuat pertahanan, kata Hasto, pihaknya merekrut Purnawirawan TNI polri, Sementara, dari kalangan artis di antaranya ada Once Mekel, mantan vokalis Dewa hingga pelawak Denny Cagur.

"Once mekel, Marcel siahaan, Taufik hidayat, Denny cagur, Tamara geraldine," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjadi pimpinan rombongan arak-arakan. Ia menaiki sebuah andong bersama dengan Ketua DPP PDIP yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, pada Selasa (11/5/2023) pagi.

5 dari 5 halaman

4. PSI

Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (bacaleg) 2024 ke KPU RI.

"Hari ini kami mendaftarkan 580 bacaleg untuk DPR RI," ujar Ketua Ketua Umum PSI, Giring Ganeha di Gedung KPU RI, Minggu (14/5/2023).

Giring menyebutkan, beberapa artis yang menjadi bacaleg PSI, yakni Badai Kerispatih dan Komika Rony Immanuel alias Mongol.

"Yang pastikan ada bro Badai Kerispatih di depan, terus ada bro Mongol juga. Ada beberapa nama yang sejujurnya masih kita rahasiakan, tapi tunggu tanggal mainnya aja sih karena pasti panjang," kata Giring.

Sementara terkait Bacaleg perempuan, menurut Giring keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen.

"Di tingkat DPR RI perwakilan perempuan sudah lebih dari 30% seperti yang sudah disyaratkan oleh undang-undang," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.