Sukses

Istana Bantah Mobil Jokowi Tersangkut saat Lewati Jalan Rusak di Lampung

Pihak Istana membantah video viral di media sosial yang memperlihatkan mobil yang ditumpangi Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersangkut saat melewati jalanan rusak di Lampung, Jumat (5/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana membantah video viral di media sosial yang memperlihatkan mobil yang ditumpangi Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersangkut saat melewati jalanan rusak di Lampung, Jumat (5/5/2023).

Dalam video beredar, tampak mobil kepresidenan berpelat nomor Indonesia-1 yang membawa Jokowi berhenti di sebuah jalanan. Pasukan pengamanan presiden (Paspampres) pun langsung mengelilingi mobil Jokowi.

Tampak Jokowi membuka pintu mobil sebelah kiri, namun dia tak keluar. Momen tersebut diunggah oleh warganet dalam media sosial Instagram.

"Mobil Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sempat tersangkut saat melewati jalan rusak di Lampung Selatan, Jumat (5/5). Dalam video yang berhasil direkam warga sekitar, diketahui Presiden Jokowi sedang melintas di Jalan Terusan Ryacudu, Lampung Selatan (jalan arah menuju Kota Baru)," dikutip Liputan6.com dari Instagram @lampuung, Jumat (5/5/2023).

"Saat melewati jalan berlubang, mobil yang ditumpangi sempat tersangkut dan kesulitan untuk maju, bahkan Presiden Jokowi juga sempat membuka pintu mobil dan ingin keluar melihat keadaan roda ban mobil yang tersangkut. Untungnya setelah beberapa saat mobil dapat kembali melanjutkan perjalanan," sambungnya.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membantah mobil yang ditumpangi Jokowi tersangkut. Menurut dia, mobil tersebut berjalan pelan-pelan karena banyak jalanan yang berlubang.

"Tidak nyangkut sama sekali. Enggak. Itu karena berlubang jadi pelan-pelan," ujar Bey saat dikonfirmasi, Jumat (5/5/2023).

Dia juga membantah Jokowi hendak keluar dari mobil tersebut.

"Enggak," ucap Bey.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi Lampung

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023), untuk mengecek infrastruktur jalan yang rusak di daerah tersebut. Adapun kondisi jalan di Lampung yang rusak sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Jokowi tampak menyusuri jalan rusak di Lampung dengan menggunakan mobil Kepresidenan dengan pelat merah bertuliskan Indonesia 1. Hal ini terlihat dari video yang dibagikan Fotografer Resmi Istana Kepresidenan, Agus Suparto.

Berdasarkan keterangan videonya, mobil Presiden Jokowi sedang melintasi Jalan Terusan Ryacudu Lampung. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tampak mengawal mobil yang ditumpangi Jokowi dari belakang.

Mereka menggunakan sepeda motor. Selain itu, di belakang juga terlihat iring-iringan mobil rangkaian kepresidenan lainnya.

Dari video yang diunggah, terlihat mobil Jokowi melewati jalan yang rusak parah. Mulai dari, ada lobang yang cukup besar, jalanan yang mengalami pengelupasan aspal, hingga jalanan yang masih bertanah dan berpasir.

Mobil Jokowi tampak melaju dengan kecrepatan rendah pelan dan berhati-hati saat melewati jalanan rusak tersebut. Beberapa kali mobil Jokowi menghindari jalanan yang berlobang.

Sejumlah warga telah menunggu kehadiran Jokowi dengan berdiri di pinggir jalan. Jokowi pun menyempatkan membagi-bagikan baju kaos dari dalam mobilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.