Sukses

Ribuan Simpatisan PDIP Kawal Pendaftaran Bakal Caleg DPRD Pemilu 2024 ke KPUD Kabupaten Bekasi Jabar

Ribuan Simpatisan dan 55 orang bakal calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendatangi Kantor KPUD Kabupaten Bekasi, Kamis Pagi (11/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan Simpatisan dan 55 orang bakal calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendatangi Kantor KPUD Kabupaten Bekasi, Kamis Pagi (11/5/2023).

Kedatangan massa PDIP tersebut untuk mendaftarkan 55 caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus partai dan para calon anggota DPRD Kabupaten Bekasi.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bekasi mengajukan daftar 55 nama caleg untuk Pemilu 2024 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi, Kamis (11/5/2023).

Menurut Ketua DPC PDIP Kabupaten Bekasi Soleman, awalnya sempat ada kendala pada jumlah Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dari jumlah 55 nama caleg, dua masih dalam proses.

"Sebetulnya pas tadi pukul 9.30 WIB silon kita masih di angka 53 yang dua masih terkendala, dan masih berproses. Tadi saya laporkan ke KPU masih 53 karena kami tidak ingin membohongi publik," ujar Soleman yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Kamis (11/5/2023).

Kendati demikian, setelah selesai dicek oleh KPU tidak ada masalah, sehingga jumlah yang terdaftar dalam Silon untuk jumlah Caleg DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi ada 55 nama.

"Tapi begitu di cek dan di proses itu sudah selesai bahkan KPU sendiri yang lebih tau dari awal, jadi sudah selesai di 55 nama. Artinya hari ini PDIP sudah mendaftarkan calegnya sebanyak 55 orang dari dapil 1 sampai dapil 7 pemberkasan semua sudah selesai, tinggal tunggu silon dari DPP partai, sesuai dengan SK yang di tanda tangani Ibu Megawati dan Sekjen bapak Hasto Kristiyanto," terang Soleman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Diterima KPUD Kabupaten Bekasi

Soleman menambahkan, dengan hasil tersebut untuk caleg DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi sebanyak 55 orang telah diterima oleh KPU Kabupaten Bekasi. Soleman pun menargetkan sebanyak 13 kursi untuk PDI Perjuangan untuk di Pemilu 2024.

"Tugas caleg harus segera turun ke bawah, sebenarnya 2 tahun lalu mereka sudah turun dan berjuang. Hari saya tegaskan hanya PDI Perjuangan yang siap menang di Pemilu 2024 baik itu secara terbuka atau tertutup, kita sudah dab siap untuk bertarung," jelas Soleman.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan sebanyak 580 caleg DPR telah mendaftar ke KPU. Dari angka tersebut sebanyak 33 persen caleg perempuan.

“Caleg perempuan atau 33 persen PDI perjuangan di dalam meningkatkan kualitas anggota dewan, juga merekrut kalangan akademisi ada sekitar 73 orang, dari TNI Polri purnawirawan ada 17 orang," kata dia di Gedung KPU RI, Kamis (11/5/2023).

 

3 dari 4 halaman

580 Caleg DPR dari PDIP, Ada Once Hingga Denny Cagur

Sementara dari kalangan budayawan, seniman, dan artis 14 orang. "Dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen sebagai komitmen PDIP," jelas Hasto.

Dalam konteks memperkuat pertahanan, kata Hasto, pihaknya merekrut Purnawirawan TNI polri, Semenatara kalangan artis diantaranya Once Mekel Mantan vokalis Dewa hingga pelawak Denny Cagur.

"Once mekel, Marcel siahaan, Taufik hidayat, Denny cagur, Tamara geraldine," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjadi pimpinan rombongan arak-arakan. Ia menaiki sebuah andong bersama dengan Ketua DPP PDIP yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, pada Selasa (11/5/2023) pagi.

Rombongan arak-arakan budaya itu DPP menuju KPU untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) PDIP untuk Pemilu 2024.

Parade kebudayaan PDIP ini diikuti dengan defile kebudayaan. Ada Tim Bhineka Tunggal Ika yang memakai baju adat. Ada pakaian adat Betawi, Jawa, Batak, dan lain-lain.

Tampak istri mantan Gubernur DKI Jakarta, Happy Djarot Saiful Hidayat hingga hingga Krisdayanti.

Meski ada defile kebudayaan dari PDIP ini, lalu lintas di sepanjang Jalan Diponegoro dan sekitarnya hingga Jalan Imam Bonjol, terpantau tertib dan tidak terjadi kemacetan.

Sejumlah petugas Kepolisian dibantu Satgas PDIP turut mengatur lalu lintas selama defile berlangsung.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Caleg Bersamaan, Pendukung PDIP dan NasDem Saling Adu Suara Drumband di KPU

PDIP dan Partai NasDem mendaftarkan bakal Caleg ke KPU RI di hari yang sama, yakni Kamis (11/5/2023) untuk menghadapi Pemilu 2024.

Rombongan parade budaya PDIP tiba di KPU sekitar pukul 10.00 WIB. Sekjen PDIP Hasto Krisitoyanto dan jajaran DPP masuk area KPU smeentara pawai menunggu di depan halaman KPU.

Sekitar pukul 11.15 WIB, PDIP telah selesai mendaftar dan meninggalkan KPU. Di saat yang bersamaan masa pendukung NasDem yang membawa iringan drumband juga tiba di depan KPU.

Adu suara drumband dan iring-iringan pun tak terhindarkan. Namun, PDIP meninggalkan halaman KPU dengan tenang lewat sisi jalan Imam Bonjol yang lain.

Sebelumnya, barisan panjang kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) dalam parade kebudayaan dari kantor DPP menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Jalan Imam Bonjol.

Lambang Dasar Negara itu dipegang oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Di bagian tengah barisan , Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjadi pimpinan rombongan arak-arakan. Ia menaiki sebuah andong bersama dengan Ketua DPP PDIP yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, pada Selasa pagi 9 Mei 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.