Sukses

Peningkatan Covid-19 Usai Lebaran 2023 Sudah Terprediksi, Masyarakat Diminta Waspada

Jika terinfeksi tanpa gejala atau gejala ringan, bukan lansia, bukan penderita komorbid, Iwan mengajurkan masyarakat melakukan isolasi mandiri. Jika lansia atau ada komorbid segera konsultasi ke fasilitas kesehatan.

 

Liputan6.com, Jakarta Ahli epidemiologi Iwan Ariawan mengajak masyarakat mewaspadai peningkatan kembali kasus penularan Covid-19. Menurut Iwan, protokol kesehatan harus terus diterapkan secara disiplin dan masyarakat mendapatkan vaksin sampai booster.   

"Peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 setelah libur lebaran Idul Fitri memang sudah diprediksi. Masyarakat sebaiknya segera memeriksakan diri jika ada gejala infeksi saluran pernapasan seperti demam, batuk, pilek atau ada kontak dengan orang yang terkonfirmasi Covid-19 agar dapat diketahui apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak," kata Iwan.

Jika terinfeksi tanpa gejala atau gejala ringan, bukan lansia, bukan penderita komorbid, Iwan mengajurkan masyarakat melakukan isolasi mandiri.

Jika lansia atau ada komorbid segera konsultasi ke fasilitas kesehatan. 

"Dengan cara ini kita mencegah penularan ke orang lain. Protokol kesehatan tetap dilakukan dan vaksinasi Covid-19 dilengkapi paling tidak sampai booster," ujar dia.

Iwan mengatakan, kasus konfirmasi positif Covid-19 memang masih akan meningkat. Kabar baiknya, menurut Iwan, kasus Covid-19 berat dan kematian kemungkinan tidak meningkat tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Pasien Covid-19 Terbaru

Masih adanya penambahan kasus positif, sembuh, dan meninggal dunia akibat virus Corona di Indonesia masih terus dilaporkan Tim Satuan Tugas atau Tim Satgas Penanganan Covid-19 hingga saat ini.

Bertambah 2.417 orang terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari ini, Kamis (4/5/2023).

Hingga kini total akumulatif terdapat 6.782.048 orang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Indonesia.

Kasus sembuh pada hari ini ada penambahan 1.139 orang pada hari ini. Jadi sampai kini di Indonesia total akumulatifnya ada 6.603.711 pasien berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara itu, angka kasus meninggal dunia bertambah 32 orang pada hari ini. Di Indonesia total akumulatif sebanyak 161.384 orang meninggal dunia akibat virus Corona yang menyebabkan Covid-19 sampai saat ini.

Data update pasien Covid-19 di Indonesia yang disebabkan virus Corona tersebut terhitung sejak Rabu 3 Mei 2023 pukul 12.00 WIB hingga hari ini Kamis (4/5/2023) pada jam yang sama atau per 24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.