Sukses

Top 3 News: Dugaan KPK Legislator DKI Cinta Mega Terima Aliran Uang Pengadaan Tanah Pulo Gebang

Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Cinta Mega diduga turut kecipratan aliran uang dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Tanah di Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Tahun 2018-2019. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Cinta Mega diduga turut kecipratan aliran uang dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Tanah di Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Tahun 2018-2019. Itulah top 3 news hari ini.

Dugaan tersebut diketahui saat tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Cinta Mega pada Rabu, 26 April 2023.

Menurut Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, selain diselisik soal dugaan penerimaan uang, Cinta Mega juga dicecar soal pembahasan anggaran penyertaan modal daerah Provinsi DKI Jakarta pada Perumda Sarana Jaya.

Sementara itu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memastikan pemblokiran rekening milik perwira menengan Polda Sumatera Utara AKBP Achiruddin Hasibuan dan sang anak Aditya Hasibuan alias AH dilakukan lantaran ada indikasi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Kepastian itu disampaikan Koordinator Kelompok Hubungan Masyarakat PPATK Natsir Kongah. Natsir menyebut, nilai transaksi dalam rekening milik ayah dan anak yang terlibat kasus penganiayaan terhadap Ken Admiral mencapai puluhan miliar.

Sebelumnya, PPATK menemukan sumber dana mencurigakan dalam rekening atas nama Kabag Binops Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya, Aditya Hasibuan alias AH.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait belum lama ini masyarakat dibuat heboh dengan Tini, pengemis di Kota Bogor, Jawa Barat yang memiliki cek senilai Rp1,3 miliar. Padahal selama ini Tini tinggal di kolong jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dan kesehariannya memang menjadi pengemis.

Kisah Tini terkuak dari hasil operasi penertiban penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) oleh Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Bogor, Kamis 27 April 2023.

Rupanya, jauh sebelum kisah Tini yang merupakan diduga pengemis kaya, pada 2017 lalu ada Sri Keryati saat itu berusia 55 tahun. Dia ditangkap petugas dari Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat saat mengemis di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu, 12 November 2017.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 28 April 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. KPK Duga Legislator DKI Cinta Mega Terima Aliran Uang Pengadaan Tanah Pulo Gebang

Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Cinta Mega diduga turut kecipratan aliran uang dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Tanah di Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Tahun 2018-2019.

Dugaan itu diketahui saat tim penyidik KPK memeriksa Cinta Mega pada Rabu, 26 April 2023.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, selain diselisik soal dugaan penerimaan uang, Cinta Mega juga dicecar soal pembahasan anggaran penyertaan modal daerah Provinsi DKI Jakarta pada Perumda Sarana Jaya.

"Saksi ini hadir dan kembali didalami tim penyidik di antaranya soal pembahasan anggaran penyertaan modal daerah (PMD) DKI Jakarta pada PD Sarana Jaya. Juga dikonfirmasi mengenai dugaan aliran uang yang diterima para pihak dalam pembahasan anggaran dimaksud," ujar Ali dalam keterangannya dikutip Jumat 28 April 2023.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. PPATK Sebut 2 Rekening AKBP Achiruddin yang Diblokir Nilainya Capai Puluhan Miliar

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memastikan pemblokiran rekening milik perwira menengan Polda Sumatera Utara AKBP Achiruddin Hasibuan dan sang anak Aditya Hasibuan alias AH dilakukan lantaran ada indikasi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Ada indikasi tindak pidana pencucian uang," ujar Koordinator Kelompok Hubungan Masyarakat PPATK Natsir Kongah dalam keterangannya, Jumat 28 April 2023.

Natsir menyebut, nilai transaksi dalam rekening milik ayah dan anak yang terlibat kasus penganiayaan terhadap Ken Admiral mencapai puluhan miliar.

"Dari dua rekening itu, (nominal) ada puluhan miliar," kata dia.

Sebelumnya, PPATK menemukan sumber dana mencurigakan dalam rekening atas nama Kabag Binops Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya, Aditya Hasibuan alias AH.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Delapan Kisah Pengemis Jutawan Bahkan Miliarder yang Sempat Bikin Heboh dan Viral di Indonesia

Belum lama ini masyarakat dibuat heboh dengan Tini, pengemis di Kota Bogor, Jawa Barat yang memiliki cek senilai Rp1,3 miliar. Padahal selama ini Tini tinggal di kolong jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dan kesehariannya memang menjadi pengemis.

Kisah Tini terkuak dari hasil operasi penertiban penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) oleh Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Bogor, Kamis 27 April 2023. Petugas menggiring Tini untuk dimintai keterangan tentang aksinya. Ternyata, bukan kali pertama Tini terjaring operasi pengemis jalanan.

Rupanya, jauh sebelum kisah Tini yang merupakan diduga pengemis kaya, pada 2017 lalu ada Sri Keryati saat itu berusia 55 tahun. Dia ditangkap petugas dari Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat saat mengemis di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu, 12 November 2017.

Saat tertangkap, petugas menemukan emas dan uang yang jumlahnya cukup mencengangkan, hampir Rp23 juta.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.