Sukses

Infografis Menerka Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Presiden Jokowi menyaksikan langsung penetapan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres PDIP. Sehari kemudian, Jokowi menyebut sejumlah nama potensial yang cocok mendampingi Ganjar Pranowo sebagai cawapres di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ganjar Pranowo akhirnya resmi diusung menjadi bakal calon presiden atau capres 2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres untuk bertarung di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai demokrasi Indonesia Perjuangan," ucap Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April 2023.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan langsung penetapan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres PDIP. Sehari kemudian, Jokowi menyebut sejumlah nama potensial yang cocok mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden atau cawapres di Pilpres 2024.

"Semakin jelas siapa capresnya, sehingga nanti tinggal cawapresnya, ditunggu, sabar. Banyak calon cawapresnya, ada Pak Erick (Erick Thohir), ada Pak Sandiaga Uno, ada Pak Mahfud (Mahfud Md), ada Pak Ridwan Kamil, ada Cak Imin (Muhaimin Iskandar), Pak Airlangga (Airlangga Hartarto)...Nah, termasuk Pak Prabowo (Prabowo Subianto)," ucap Jokowi di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu 22 April 2023.

Sementara itu, Ganjar mengaku menyerahkan urusan cawapresnya kepada PDIP. Hal ini sesuai dengan arahan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Soal pasangan kan urusan partai, jadi habis ini kan partai akan berkoordinasi, kerja sama, lirik-lirikan, ngobrol, ngopi, Bu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) sudah perintahkan nanti partai yang mengkoordinasi," ujar bakal capres PDIP tersebut.

Adapun sesaat setelah penetapan Ganjar sebagai bakal calon presiden 2024, Megawati menyematkan peci hitam kepada Gubernur Jateng tersebut. Terkait hal itu, Sekretaris Jenderal atau Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun mengungkapkan.

"Makna yang terkait dengan pesan menjadi pemimpin itu harus bijaksana dan baik, baik dan bijaksana. Khusus pecinya Pak Ganjar (Ganjar Pranowo) ini tidak menggunakan pin Bung Karno. Karena memang itu sudah merepresentasikan seluruh ide, gagasan, cita-cita dan perjuangan Bung Karno," tutur Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin 24 April 2023.

Apa saja pesan khusus Megawati Soekarnoputri untuk Ganjar Pranowo? Bagaimana ragam tanggapan menerka kandidat cawapres pendamping Ganjar Pranowo? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Menerka Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

3 dari 4 halaman

Infografis Pesan Khusus Megawati Soekarnoputri untuk Ganjar Pranowo

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Menerka Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.