Sukses

Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Taman Safari Bogor Naik 50 Persen

Jumlah pengunjung Taman Safari Bogor meningkat signifikan pada hari ketiga Lebaran Idul Fitri 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pengunjung Taman Safari Bogor meningkat hingga 50 persen pada hari ketiga libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Senin (24/4/2023).

General Manager Taman Safari Indonesia Bogor, Emeraldo Parengkuan mengatakan jumlah pengunjung hari ini meningkat cukup signifikan jika dibandingkan libur akhir pekan atau weekend.

"Libur weekend biasa menyentuh 6.000-an pengunjung. Di hari ketiga lebaran ini diperkirakan 12 ribuan," ucap Emeraldo dalam keterangannya, Senin (24/4/2023).

Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, Emeraldo memperkirakan bahwa hari ini merupakan puncak libur lebaran Idul Fitri 1444 H mengingat cuti bersama akan berakhir tanggal 26 April 2023.

"Ya diperkirakan hari ini puncaknya kunjungan wisata ke Taman Safari Bogor," ujarnya.

Pihak Taman Safari Bogor juga sebelumnya telah menyiapkan kantung-kantung parkir tambahan di seluruh area wisata guna mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung.

"Kami juga sudah buatkan skema apabila jumlah pengunjungnya cukup banyak di satu waktu, maka kami membuka beberapa rute masuk Taman Safari," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lalu Lintas Arah Puncak Macet Total

Lalu lintas arah Puncak, Kabupaten Bogor, macet total di hari ketiga libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Terpantau kemacetan terjadi sejak Senin (24/4/2023) pagi hingga siang pukul 12.15 WIB.

Pandangan kendaraan roda empat mengular terpantau dari Simpang Pasir Muncang sampai dengan KM 46 atau selepas exit Tol Ciawi.

Pemandangan serupa juga terjadi di Jalan Raya Ciawi menuju Puncak. Bahkan buntut kemacetan sampai Kota Bogor, tepatnya di Jalan Raya Tajur.

Kondisi ini diperparah adanya terminal bayangan di simpang Ciawi dan banyaknya Pak Ogah maupun joki jalur. Kendaraan roda dua dan empat baik dari arah Tol Ciawi menuju Sukabumi-Puncak maupun dari Kota Bogor menuju Puncak tak bergerak.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan terjadi peningkatan volume kendaraan menuju Puncak di hari ketiga libur lebaran ini. Diperkirakan kendaraan yang menuju kawasan Puncak pagi hingga siang ini dikisaran 25-30 ribu unit.

"Baik roda empat maupun sepeda motor terjadi peningkatan, terutama roda dua ya hari ini membludak," ujar Iman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.