Sukses

Top 3 News: Imbauan Jokowi Agar ASN hingga Pegawai Swasta Balik Mudik Usai 26 April 2023

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan imbauan kepada aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, hingga pegawai swasta untuk menunda jadwal kepulangan mudik Lebaran 2023, apabila tak ada keperluan mendesak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan imbauan kepada aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, hingga pegawai swasta untuk menunda jadwal kepulangan mudik Lebaran 2023, apabila tak ada keperluan mendesak. Itulah top 3 news hari ini.

Imbauan Jokowi tersebut untuk mencegah penumpukan kendaraan pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada Senin dan Selasa 24-25 April 2023.

Menurut Jokowi, ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI-Polri, BUMN, dan pegawai swasta. Adapun teknis terkait penundaan jadwal kepulangan mudik Lebaran 2023 nantinya diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mulai melakukan sejumlah manuver dan pergerakan politik dengan menemui beberapa tokoh usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024.

Salah satunya, Prabowo Subianto yang juga merupakan Menteri Pertahanan (Menhan) itu menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Sabtu 22 April 2023 di kediamannya di Solo, Jawa Tengah.

Tak hanya itu, Prabowo juga mengunjungi kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu 22 April 2023. Kunjungan tersebut dilakukan Prabowo sepulang dari silaturahmi dengan Presiden Jokowi di Solo.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait tim gabungan TNI-Polri yang telah memastikan total terdapat lima prajurit gugur dalam operasi penyergapan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Mugi-Mam Nduga, Sabtu, 15 April 2023.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono menjelaskan kelima prajurit TNI yang gugur merupakan rombongan dari 36 anggota Batalyon Infanteri Raider 321/Galuh Taruna yang disergap KKB alias kelompok separatis teroris (KST).

Kepastian data korban itu, usai Pratu F seorang prajurit yang sempat dikabarkan hilang akhirnya berhasil dievakuasi. Dia ditemukan meninggal dunia usai melompat ke tebing sedalam 140 meter saat penyerangan oleh KST terjadi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 24 April 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Imbau ASN, TNI-Polri, hingga Pegawai Swasta Balik Mudik Setelah 26 April 2023

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, hingga pegawai swasta untuk menunda jadwal kepulangan mudik Lebaran 2023, apabila tak ada keperluan mendesak.

Imbauan Jokowi ini untuk mencegah penumpukan kendaraan pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

"Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus Balik tanggal 24 dan 25 April 2023, secara bersamaan pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut," kata Jokowi disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 24 April 2023.

"Dengan cara menunda atau mengundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 26 April 2023," sambungnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Melihat Manuver dan Pergerakan Prabowo Subianto Usai PDIP Usung Ganjar Jadi Capres 2024, Temui Jokowi hingga Airlangga

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan sejumlah manuver dan pergerakan politik dengan menemui sejumlah tokoh usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024.

Salah satunya, Prabowo Subianto yang juga merupakan Menteri Pertahanan (Menhan) itu menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Sabtu 22 April 2023 di kediamannya di Solo, Jawa Tengah.

Namun meski begitu, Prabowo Subianto mengaku, pertemuan dengan Jokowi itu hanya untuk bersilaturahmi Lebaran Idul Fitri dan tidak ada pembahasan politis.

"Jadi tidak ada pembicaraan yang terlalu politis, karena ini hari Lebaran," tutur Prabowo di Solo, Sabtu 22 April 2023.

Tak hanya itu, Prabowo juga mengunjungi kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu 22 April 2023. Kunjungan tersebut dilakukan Prabowo sepulang dari silaturahmi dengan Presiden Jokowi di Solo.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Lima Prajurit Gugur, TNI Pastikan Tidak Ada Anggota yang Disandera KKB Papua

Tim gabungan TNI-Polri telah memastikan total terdapat lima prajurit yang gugur dalam operasi penyergapan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Mugi-Mam Nduga, Sabtu, 15 April 2023.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono menjelaskan kelima prajurit TNI yang gugur merupakan rombongan dari 36 anggota Batalyon Infanteri Raider 321/Galuh Taruna yang disergap KKB alias kelompok separatis teroris (KST).

“Sudah tidak ada yang gugur selain 5 prajurit. 31 prajurit selamat,” kata Julius saat dihubungi, Minggu 23 April 2023.

Kepastian data korban itu, usai Pratu F seorang prajurit yang sempat dikabarkan hilang akhirnya berhasil dievakuasi. 

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.