Sukses

PDIP Usung Ganjar, PKB Minta KIR Segera Tentukan Capres-Cawapres

PDI Perjuangan resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024. Pengumuman ini langsung disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024. Pengumuman ini langsung disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid ingin agar Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) segera mengumumkan pasangan capres-cawapres yang akan bertarung di pilpres 2024 nanti.

"Bagi PKB tentu karena PKB sudah melakukan kontrak politik dengan Partai Gerindra sudah membangun piagam dan menandatangani piagam kerja sama, tentu kami akan terus membangun soliditas dengan Partai Gerindra," kata Jazilul, Jumat (21/4/2023).

"Sekaligus berharap secara pribadi agar mandat yang diberikan kepada Pak Prabowo dan Gus Muhaimin untuk menentukan pasangan capres dan cawapres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya segara diumumkan," Jazilul menambahkan.

Namun, Jazilul belum mengetahui kapan KKIR bakal mengumumkan capres-cawapres. Karena, semua itu tergantug pimpinan partainya masing-masing.

"Tergantung Pak Prabowo dan Gus Muhaimin. Saya yakin pengumuman yang dilakukan PDIP ini akan menjadi bagian dari pertimbangan sekaligus membaca langkah-langkah ke depan untuk menentukan kapan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden," ungkap Jazilul.

Tak lupa, Jazilul pun mengucapkan selamat kepada PDIP yang telah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres.

"Kami menyampaikan ucapan selamat kepada PDIP yang lebih cepat mengumumkan calon presidennya dan juga selamat buat Pak Ganjar," ucap Jazilul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati Umumkan Ganjar Jadi Capres PDIP

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden dari PDIP. Pengumuman Ganjar capres PDIP dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Deklarasi Ganjar Capres dihadiri sejumlah tokoh dan elite PDIP, di antaranya Presiden Joko Widodo, Ketua DPR Puan Maharani, Prananda Prabowo, Bendahara Umum Olly Dondokambey, Sekjen Hasto Kristiyanto hingga Pramono Anung.

"Pada jam 13.45 WIB, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, menetapkan Ganjar Pranowo sekarang adalah gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari PDI Perjuangan," kata Megawati di lokasi, Jumat (21/4).

Pengumuman Ganjar sebagai capres disaksikan struktural partai. Mulai dari anak ranting, ranting, PAC, satgas, DPLN, DPC, DPD dan DPP partai.

Megawati dan elite PDIP telah menggelar rapat memutuskan Ganjar sebagai capres sejak kemarin di Istana Batu Tulis. Rapat pun kabarnya turut mengundang Ganjar.

Nama Ganjar selalu masuk tiga besar capres di sejumlah lembaga survei. Ganjar bersaing dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.