Sukses

Deretan Potret Menarik Saat PDIP Resmi Usung Ganjar Pranowo Sebagai Capres, Selfie hingga Satu Mobil dengan Jokowi

Usai diumumkannya Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP, tak sedikit momen-momen menarik yang berhasil diabadikan dalam perhelatan tersebut. Satu di antaranya saat Presiden Jokowi dan Ganjar berada dalam satu mobil usai deklarasi.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024. Usai resmi mendapuk Ganjar Pranowo sebagai capres, Megawati memerintahkan para kadernya untuk memanaskan mesin partai dan memenangkan Gubernur Jateng tersebut di Pemilu mendatang.

Untuk diketahui, diumumkannya ganjar sebagai capres yang diusung PDIP bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh hari ini, Jumat (21/4/2023). Mengapa ditetapkan di Hari Kartini, Mega mengungkapkan alasannya.

Dia menyebut bahwa pengumuman capres hari ini bukan sekedar perjuangan emansipasi atau sekedar politik afirmatif. Namun, lebih menyangkut harkat dan martabat kaum perempuan. Mega pun mengungkit pernyataan Bung Karno yang menyebut perempuan adalah jalan peradaban.

"Tanpa perempuan sebuah peradaban tidak akan maju," kata Ketum PDIP tersebut di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat.

Lantas, seperti apa tanggapan Ganjar Pranowo setelah dirinya diusung PDIP sebagai capres untuk Pemilu 2024?

Dalam sambutannya, Ganjar mengaku dirinya merasa terhormat dengan penugasan barunya dari partai sebagai capres. Pria kelahiran Karanganyar, 28 Oktober 1968 tersebut bahkan meminta dukungan semua kader.

"Di samping tentu ini tugas yang tak mudah, maka kiranya kawan yang hadir semua baik yang daring kami mohon dukungan, mohon kritikan saran," kata Ganjar dalam deklarasi daring, Jumat.

Seperti diketahui, banyak tokoh partai yang hadir saat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 mendatang. Sebut saja di antaranya Ketua DPR Puan Maharani, Prananda Prabowo, bahkan hadir pula Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Jokowi bahkan sempat mengungkapkan sejumlah hal terkait sosok seorang Ganjar Pranowo dalam sambutannya. Dia menyebut Ganjar adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat dan sangat idiologis. Karenanya Jokowi sangat mengapresiasi dan menghargai atas keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri.

Usai diumumkannya Ganjar Pranowo sebagai capres, tak sedikit momen-momen menarik yang berhasil diabadikan dalam perhelatan tersebut. Satu di antaranya saat Presiden Jokowi dan Ganjar berada dalam satu mobil bahkan hingga di Pesawat Kepresidenan usai deklarasi.

Berikut sederet momen menarik yang tertangkap saat Megawati umumkan Ganjar sebagai capres untuk Pilpres 2024 mendatang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Mengenakan Batik Merah, Presiden Jokowi hadir Saat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri Mengumumkan Ganjar Pranowo jadi Capres 2024

3 dari 12 halaman

Ada pun deklarasi capres PDIP Ganjar Pranowo digelar di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat

4 dari 12 halaman

Saat Namanya diumumkan sebagai capres yang diusung PDIP, Ganjar diminta masuk ke ruangan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

5 dari 12 halaman

Ganjar pun sempat berhenti sebentar dan membungkukkan badannya sebagai bentuk penghormatan kepada Megawati tapi juga kepada Presiden Jokowi, Ketua DPP Puan Maharani, Kepala Situation Room yang juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, dan Hasto Kristiyanto.

6 dari 12 halaman

Usai Resmi Jadi Capres PDIP, Megawati pakaikan kopiah hitam ke Ganjar Pranowo. Megawati mengatakan kopiah merupakan simbol dari identitas budaya Indonesia.

7 dari 12 halaman

Usai mendapat hadiah kopiah dari Megawati, Ganjar menyampaikan sambutan dan mengaku siap untuk menerima mandat atas penugasan dari partai menjadi Capres.

8 dari 12 halaman

Tampak terlihat pula momen kekompakan para kader PDI-P dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat melakukan selfie bersama.

9 dari 12 halaman

Saat Jokowi dan Megawati salam metal usai umumkan Ganjar Pranowo sebagai capres untuk Pemilu 2024.

10 dari 12 halaman

Keseruan tak hanya sampai di situ. Di luar Istana Batu Tulis, Jokowi dan Ganjar terlihat berada dalam satu mobil berdampingan. Jokowi mengenakan kemeja lengan panjang batik berwarna hitam, sementara Ganjar berkemeja putih lengan panjang dan memakai kopiah.

11 dari 12 halaman

Keduanya kembali terlihat bersama di Pesawat Kepresidenan. Jokowi diketahui mengajak mudik Ganjar ke Solo.

12 dari 12 halaman

Tingkah lucu Jan Ethes dan La Lembah Manah saat menjemput Jokowi di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali. Jokowi dan Ganjar nampak ikut tertawa melihat tingkah lucu Jan Ethes dan La Lembah Manah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini