Sukses

Kemenkes Imbau Masyarakat Ikuti Vaksin Booster Sebelum Mudik

Di Indonesia, kasus Covid-19 memang masih terbilang terkendali. Namun, masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan, apalagi sudah memasuki musim mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk kembali meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksin Covid-19 lengkap sampai booster. Sebab, Covid-19 subvarian Omicron baru Arcturus sudah terdeteksi ada di Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut, sejauh ini ada dua kasus subvarian Omicron baru Arcturus.

"Dianjurkan untuk booster bagi yang masyarakat," kata Nadia, Jumat (14/4/2023).

Subvarian Omicron baru XBB.1.16 ini diduga menjadi penyebab melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah negara. Di Indonesia, kasus Covid-19 memang masih terbilang terkendali. Namun, masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan, apalagi sudah memasuki musim mudik Lebaran.

Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Tjandra Yoga Aditama mengatakan meningkatnya kasus positif  menunjukkan bahwa Covid-19 tetap ada. Pemerintah juga belum mencabut status pandemi. Masyarakat tidak perlu panik menghadapi kondisi ini, namun harus tetap waspada.

"Yang belum dibooster segeralah mendapatkannya, dan kita jaga pola hidup sehat yang selama ini sudah kita kerjakan, serta ikuti informasi kesehatan yang valid," ujar dia.

Per Kamis, 13 April, penerima vaksin booster di Indonesia sudah mencapai 68,69 juta atau 37,83% dari target vaksinasi Covid-19 nasional sebanyak 234,66 juta orang.

Jawa Barat menjadi provinsi dengan capaian vaksinasi booster paling tinggi (15,47 juta dosis).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Antibodi Optimal

 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro juga mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksin booster agar mudik aman dan nyaman. Vaksin penting untuk pembentukan antibodi yang optimal. Apalagi saat Lebaran, masyarakat akan bertemu dengan banyak orang.

"Vaksin untuk membentuk pertahanan yang optimal. Butuh waktu satu sampai dua minggu setelah penyuntikan (antobodi terbentuk). Jadi sebelum mudik minggu depan dan bertemu keluarga, kita harus vaksin dulu," kata Reisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.