Sukses

KPK Tangkap Bupati Kepulauan Meranti, Firli Bahuri: Saya Bekerja Profesional Sesuai Ketentuan

Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil mengamankan Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis, 6 April 2023 malam. Adil diduga terlibat tindak suap.

Liputan6.com, Jakarta Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil mengamankan Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis, 6 April 2023 malam. Adil diduga terlibat tindak suap.

Terkait penangkapan Bupati Adil, Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri yang tengah disorot ini mengeklaim dirinya bekerja profesional sesuai undang-undang.

"Alhamdulillah, satu kepala daerah, Bupati Meranti berhasil ditangkap tangan. Saya selalu menyampaikan bahwa saya bekerja profesional sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan," ujar Firli Bahuri dalam keterangannya, Jumat (7/4/2023).

Firli tengah disorot lantaran memberhentikan Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro. Tak hanya itu, dia juga diduga membocorkan penyelidikan dugaan korupsi tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM).

Di tengah sorotan kepada dirinya, tim penindakan KPK bergerak cepat mengamankan Bupati Adil dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Ini merupakan OTT pertama KPK di tahun 2023.

"Selama tiga bulan sejak Januari sampai dengan 31 Maret 2023, tidak ada tangkap tangan. Hari ini kita berhasil tangkap tangan bupati Meranti," kata dia.

Firli menyebut tak mau ada cacat hukum selama dirinya memimpin KPK. Firli mengeklaim pimpinan KPK 2019-2023 selalu kolektif kelegial dalam mengambil keputusan.

"Tidak boleh ada cacat hukum di akhir masa jabatan pimpinan KPK, karena kami berlima selalu hati-hati, proden, dan kompak dalam membuat keputusan. Setiap keputusan diambil secara bulat," kata Firli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

OTT, KPK Tangkap Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil

Sebelumnya, Tim satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis, 6 April 2023 malam. Dalam operasi senyap kali ini tim penindakan mengamankan Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil.

"Benar, tadi malam, (6/4) tim KPK berhasil lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (7/4/2023).

Ali mengatakan, selain Bupati Muhammad Adil, tim penindakan juga turut mengamankan beberap pihak lainnya. Hanya saja identitas mereka masih dirahasiakan.

"Beberapa pihak sudah ditangkap di antaranya Bupati. Saat ini tim KPK masih bekerja. Terus kami kumpulkan bahan keterangan dari beberapa pihak," kata dia.

Dengan penangkapan ini, KPK memiliki waktu maksimal 1x24 jam untuk menentukan status hukum Bupati Muhammad Adil dan mereka yang turut diamankan bersama Adil.

"Setelahnya pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat," kata Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini