Sukses

4 Fakta Terkait Kasus Pembunuhan Berantai Dukun Pengganda Uang di Banjarnegara

Dukun yang mengaku mampu menggandakan uang diduga melakukan pembunuhan. Dukun yang bernama TH alias Mbah Slamet (TH) pun ditangkap jajaran Polres Banjarnegara, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Dukun yang mengaku mampu menggandakan uang diduga melakukan pembunuhan. Dukun yang bernama TH alias Mbah Slamet (TH) pun ditangkap jajaran Polres Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Pembunuhan berencana yang dilakukan oleh TH alias Mbah Slamet (45), asal Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, kemudian korban adalah saudara PO (53) yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat," kata Kepala Polres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto saat konferensi pers di Polres Banjarnegara, Senin 3 April 2023, dikutip Antara.

Hendri menjelaskan, kronologi terungkapnya kasus pembunuhan yang diduga dilakukan dukun pengganda uang tersebut berawal dari laporan anak korban, yakni GE yang diterima Polres Banjarnegara pada tanggal 27 Maret 2023.

Dalam laporannya, kata dia, GE mengaku diajak ayahnya untuk bertemu dengan seseorang di Banjarnegara pada bulan Juli 2023 dengan menggunakan bus dari Sukabumi menuju Wonosobo.

Sementara itu, polisi dibantu sukarelawan mengevakuasi sejumlah mayat yang dikubur pada sebidang kebun, Desa Balun, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dan diduga korban pembunuhan berencana yang dilakukan oleh pelaku.

Kasatreskrim Polres Banjarnegara AKP Bintoro Thio Pratama mengonfirmasi pihaknya kembali melakukan penggalian di sekitar lokasi penemuan korban pertama dukun pengganda uang tersebut, yang ditemukan terkubur di lahan milik pelaku pada hari Sabtu 1 April 2023.

"Namun kami belum bisa pastikan jumlahnya (jumlah mayat yang dievakuasi)," ujar Thio melansir Antara.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah sukarelawan, sebanyak 10 mayat berhasil dievakuasi dalam penggalian tanah yang dilakukan pada hari Senin 3 April 2023.

Berikut sederet fakta terkait kasus dugaan pembunuhan yang dilakukan dukun yang mengaku mampu menggandakan uang dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Polisi Temukan 10 Jenazah

Jajaran Polres Banjarnegara, Jawa Tengah mengungkap dugaan pembunuhan oleh TH alias Mbah Slamet (TH), dukun yang mengaku mampu menggandakan uang.

Polisi dibantu sukarelawan mengevakuasi sejumlah mayat yang dikubur pada sebidang kebun, Desa Balun, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dan diduga korban pembunuhan berencana yang dilakukan oleh pelaku.

Saat dikonfirmasi wartawan di Banjarnegara, Senin sore, Kasatreskrim Polres Banjarnegara AKP Bintoro Thio Pratama mengatakan pihaknya kembali melakukan penggalian di sekitar lokasi penemuan korban pertama dukun pengganda uang tersebut, yang ditemukan terkubur di lahan milik pelaku pada hari Sabtu 1 April 2023.

"Namun kami belum bisa pastikan jumlahnya (jumlah mayat yang dievakuasi, red.)," katanya, dikutip Antara.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah sukarelawan, sebanyak 10 mayat berhasil dievakuasi dalam penggalian tanah yang dilakukan pada hari Senin 3 April 2023, beberapa diantaranya terkubur dalam satu lubang.

Setelah dievakuasi dari lokasi penguburan, mayat-mayat tersebut langsung dibawa ke RSUD Hj Lasmanah Banjarnegara untuk dilakukan identifikasi.

 

3 dari 5 halaman

2. Pesan Terakhir Ayah Ungkap Pembunuhan Berantai Mbah Slamet, Kronologi Kejadian

Petugas Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, berhasil mengungkap kasus pembunuhan berencana sekaligus pembunuhan berantai yang berawal dari penipuan dengan modus penggandaan uang.

"Pembunuhan berencana yang dilakukan oleh TH alias Mbah Slamet (45), asal Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, kemudian korban adalah saudara PO (53) yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat," kata Kepala Polres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto saat konferensi pers di Polres Banjarnegara, Senin 3 April 2023, dikutip Antara.

Ia mengatakan kronologi terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan anak korban, yakni GE yang diterima Polres Banjarnegara pada 27 Maret 2023.

Dalam laporannya, kata dia, GE mengaku diajak ayahnya untuk bertemu dengan seseorang di Banjarnegara pada bulan Juli 2023 dengan menggunakan bus dari Sukabumi menuju Wonosobo.

Sesampainya di Wonosobo, PO dan GE bertemu dengan Mbah Slamet yang selanjutnya mengajak mereka ke rumahnya di Desa Balun, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara.

Ketika berada di rumahnya, Mbah Slamet mengajak PO masuk ke dalam salah satu ruangan, sedangkan GE diminta menunggu di luar.

"Selanjutnya pada tanggal 20 Maret 2023, PO kembali berangkat ke Banjarnegara seorang diri untuk bertemu Mbah Slamet dengan menggunakan kendaraan Wuling warna hitam," kata Kapolres.

Ia mengatakan sesampainya di Banjarnegara pada tanggal 23 Maret 2023, PO sempat berkomunikasi menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp dengan anaknya yang lain, yakni SL yang merupakan adik dari GE.

Dalam pesan tersebut, PO menuliskan jika sedang di rumah Mbah Slamet dan meminta anaknya berjaga-jaga seandainya dia berumur pendek atau tidak ada kabar hingga hari Minggu 26 Maret 2023 agar langsung ke lokasi bersama aparat karena GE tahu rumahnya.

Akan tetapi sejak tanggal 24 Maret, PO tidak bisa dihubungi melalui telepon selulernya, sehingga GE melaporkannya ke Polres Banjarnegara yang ditindaklanjutkan dengan penyelidikan dan penangkapan terhadap Mbah Slamet, hingga akhirnya PO ditemukan terkubur di dekat jalan setapak menuju hutan di Wanayasa pada Sabtu 1 April 2023.

Lebih lanjut, Hendri mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, kasus pembunuhan berencana tersebut berawal dari kesepakatan penggandaan uang antara Mbah Slamet dan korban PO.

"Mbah Slamet ini memiliki 'tangan kanan' yaitu saudara BS. Satu tahun lalu, saudara BS ini mengunggah ke Facebook yang isinya bahwa Mbah Slamet adalah orang pintar yang bisa menggandakan uang," terang Hendri.

 

4 dari 5 halaman

3. Korban Mbah Slamet Diberi Minuman Potas

Menurut Hendri, PO yang membaca unggahan itu pun tertarik, sehingga BS mempertemukannya dengan Mbah Slamet.

Sejak pertemuan itu, PO memberikan sejumlah uang dan mahar kepada Mbah Slamet, namun hasil penggandaan uang tersebut tidak kunjung terealisasi, sehingga korban berulang kali menagih kepada tersangka.

Oleh karena merasa kesal terus-menerus ditagih oleh korban, Mbah Slamet akhirnya memberi PO minuman yang telah dicampur dengan potas (potassium sianida) hingga akhirnya meninggal dunia dan dikuburkan di jalan setapak yang menuju hutan.

"Selain karena kesal terus-menerus ditagih, tersangka juga takut dilaporkan oleh korban ke penegak hukum, sehingga diracunlah korban ini," tegasnya.

Terkait dengan kasus tersebut, Kapolres mengatakan kedua tersangka, yakni TH alias Mbah Slamet dan BS dijerat Pasal 340 KUHP mengenai pembunuhan berencana, dengan ancaman hukuman berupa pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun.

Menurut dia, penyidik Satreskrim Polres Banjarnegara hingga saat ini masih melakukan pendalaman dan pengembangan terkait dengan kemungkinan adanya korban lain.

 

5 dari 5 halaman

4. Modus Pembunuhan, Janji Ubah Rp70 Juta Jadi Rp5 Miliar

Polres Banjarnegara sendiri menemukan TH (45) alias Slamet disebut sebagai seorang dukun pengganda uang. Ia menipu para korban-korbannya selama beberapa tahun ke belakang.

Salah satu korban yaitu PO melakukan penggandaan uang kepada TH. Dirinya telah menyerahkan Rp70 juta dan Mbah Slamet janji bakal menjadikannya Rp5 miliar. Namun penggadaan tersebut tidak menghasilkan apapun.

Korban pun sering menagih uang tersebut kepada Slamet. Lantaran hal tersebut, pelaku pun merasa kesal dan membunuh korban dengan memberikan minuman yang berisi Potas kepada korban.

"Jadi korban sering menagih hasil penggandaan uangnya. Tersangka yang kesal kemudian memberikan minuman isinya potas kepada korban," kata Hendri.

Setelah menemukan jasad korban PO, ternyata pihak kepolisian dan beberapa sukarelawan menemukan adanya korban-korban lain. Diduga ada sekitar 10 jenazah yang ditemukan di sekitar lokasi kebun pelaku. Beberapa di antaranya sudah membusuk dan menjadi tulang belulang.

Adapun korban-korban tersebut ditemukan di beberapa titik yang ditunjukkan oleh Slamet. Bahkan dalam satu lubang tersebut Slamet menguburkan lebih dari satu jenazah.

Adapun saat ini sebagian jasad masih belum dikenali identitasnya dan langsung dibawa ke RSUD Hj Lasmanah Banjarnegara untuk diidentifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.