Sukses

Viral Pemotor di Makassar Terobos Rombongan Kepresidenan, Jokowi Minta Tak Ditahan

Beredar sebuah video viral yang memperlihatkan seorang pengendara motor menerobos iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang melintas di sebuah jalan di Makassar Sulawesi Setatan, Kamis (30/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta Beredar sebuah video viral yang memperlihatkan seorang pengendara motor menerobos iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo yang melintas di sebuah jalan di Makassar Sulawesi Setatan, Kamis (30/3/2023).

Bahkan, pemotor itu nyaris tetabrak oleh mobil dinas Indonesia-1 yang biasa dipakai Jokowi.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, awalnya pihak wilayah setempat awalnya hendak mengamankan pemotor tersebut. Namun, Jokowi meminta agat pemotor tak diperiksa dan ditahan.

"Pihak wilayah awalnya akan mengamankan pemotor tersebut, namun saat Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay melaporkan kejadian tersebut kepada Presiden Jokowi, Presiden memberikan arahan untuk tidak perlu dilakukan pemeriksaan dan penahanan kepada pemotor tersebut," jelas Bey kepada wartawan, Kamis (30/3/2023).

Dari video yang beredar itu, terlihat bahwa iring-iringan mobil Presiden Jokowi sedang melintas secara perlahan. Tiba-tiba pemotor tersebut masuk dari arah berlawanan secara cepat.

Pemotor itu masuk ke iring-iringan tepat di mobil dinas Jokowi. Dia pun langsung membelokkan motornya ke arah kanan dan kembali melaju.

Bey menjelaskan kejadian tersebut terjadi saat Presiden Jokowi tiba di Pasar Terong, Kota Makassar, Rabu, 29 Maret 2023 sore. Rangkaian Presiden berhenti di Jalan G. Bawakaraeng.

"Setelah tiba, Presiden menyapa masyarakat dan pedagang yang telah menunggunya di pasar tersebut," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Kendaraan Jokowi Telah Kosong

Di saat yang sama, kata dia, rangkaian kendaraan Jokowi yang telah kosong (tidak ada Presiden) bergerak untuk menuju sisi lain Jalan Pasar Terong yaitu Jalan Masjid Raya guna menjemput Presiden di titik akhir kunjungan ke pasar.

"Saat rangkaian tersebut bergerak, ada pemotor yang menerobos dan melintas di depan iring-iringan (di depan mobil Presiden)," kata dia.

Bey memastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini. Jokowi meminta agar soalisasi keamanan dan ketertiban berlalulintas ditingkatkan.

"Presiden hanya meminta ditingkatkan sosialisasi keamanan dan ketertiban berlalulintas," tutur Bey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.