Sukses

Viral TikTok AKP Agnis Juwita Manurung Pamer Pakai Barang Branded Puluhan Juta, Dipanggil Klarifikasi

Nama AKP Agnis Juwita Manurung belakangan ini menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, melalui akun sosial media Instagram pribadinya @agnisjsm, AKP Agnis Juwita Manurung diduga kerap menggunakan barang mewah.

Liputan6.com, Jakarta - Nama AKP Agnis Juwita Manurung belakangan ini menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, melalui akun sosial media Instagram pribadinya @agnisjsm, AKP Agnis Juwita Manurung diduga kerap menggunakan barang mewah yang tak dinilai sesuai dengan pendapatannya sebagai polisi wanita (polwan).

Hal tersebut diketahui dari unggahan viral video TikTok Pejabat Curang yang diunggah beberapa hari lalu.

Oleh karena itu, wanita yang menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Malang itu diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), terkait dugaan kepemilikan sejumlah barang mewah.

Menurut Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, pihaknya telah mengetahui ada unggahan di media sosial yang menampilkan barang mewah yang dipergunakan oleh AKP Agnis Juwita Manurung.

"Yang bersangkutan sudah melapor ke kami, ada akun yang mengunggah narasi tentang yang bersangkutan. Saat ini AKP Agnis tengah diverifikasi oleh Bidpropam Polda Jawa Timur," ujar Kholis, melansir Antara, Selasa (28/3/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap video yang beredar pada sejumlah akun media sosial tersebut dan meminta klarifikasi langsung kepada Kasat Lantas AKP Agnis Juwita Manurung.

Menurutnya, barang-barang mewah yang dinarasikan pada video yang diunggah media sosial tersebut tidak sama dengan barang yang dimiliki oleh AKP Agnis. Bahkan, AKP Agnis juga memiliki bukti terkait kepemilikan barang-barang tersebut.

"AKP Agnis memiliki bukti pembanding, diantaranya bukti foto lain, kemudian foto pendukung yang menjelaskan bahwa asal barang tersebut, atau jenis barang itu berbeda dengan yang ada di narasi," papar Kholis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Pastikan Hasil Pemeriksaan

Kemudian Kholis menambahkan, bukti tersebut akan dipergunakan untuk memperkuat pernyataan dari AKP Agnis.

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan AKP Agnis, ada sejumlah barang yang diberikan oleh orang tua dan adapula yang dibeli sendiri atau merupakan pinjaman dari rekannya.

Kholis menambahkan, belum mengetahui hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Bidpropam Polda Jatim kepada AKP Agnis. Ia akan menunggu hasil klarifikasi dari AKP Agnis dalam pemeriksaan yang dilakukan di Polda Jawa Timur tersebut.

"Kalau bicara terbukti atau tidak, belum bisa saya sampaikan. Karena upaya klarifikasi dan verifikasi masih berjalan. Nanti ada penyampaian dari Propam bahwa ini sudah sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan atau tidak," jelas Kholis.

 

3 dari 3 halaman

AKP Agnis Suka Pakai Barang Mahal Branded

Sebelumnya, sebuah akun sosial media TikTok Pejabat Curang @pejabatcurang membagikan video dengan narasi yang menunjukkan AKP Agnis Juwita Marunung menggunakan berbagai barang mewah dan dinilai tidak sesuai dengan pendapatan polwan berpangkat tiga balok tersebut.

"Gaji AKP berapa?

Ajun Komisaris Polisi (AKP): Rp 2.909.100 hingga Rp 4.780.6000.

Yang punya punya Samsat dan SIM seKab Malang," tulis akun TikTok Pejabat Curang @pejabatcurang membuka videonya.

"Gaya Hedon Pama Polri, AKP Agnis, Gajinya cua segini loh! tapii...," sambungnya.

Kemudian, pada unggahan video itu, menunjukkan AKP Agnis tengah bergaya menggunakan kacamata bermerek Dior di kantornya. Sementara pada foto lainnya menunjukkan AKP Agnis menggunakan tas merek Gucci seharga Rp18 juta lebih.

Kemudian, pada unggahan itu juga menunjukkan AKP Agnis menenteng tas bermerek Gucci seharga Rp21 juta dan sepatu Rp19 juta. Selain itu juga menggunakan tas bermerek Louis Vuitton seharga Rp30 juta.

Lalu nampak foto AKP Agnis yang disebut memakai tas Gucci Marmont seharga Rp21 juta lebih dan sandal heels Valentino seharga Rp19 juta. Ada pula fotonya yang sedang memakai tas Louis Vuitton (LV) seharga Rp30 juta lebih.

Terakhir, nampak foto saat AKP Agnis menggunakan sepeda Specialized seharga Rp52,6 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.