Sukses

Top 3 News: Kala Surya Paloh, Anies Baswedan, JK, AHY, dan Airlangga Duduk Satu Meja saat Bukber Partai NasDem

Liputan6.com, Jakarta - Partai NasDem menggelar buka puasa bersama di NasDem Tower, Jakarta pada Sabtu 25 Maret 2023. Sejumlah petinggi partai politik, tokoh, termasuk anggota Koalisi Perubahan juga turut hadir dalam acara buka puasa bersama Partai NasDem tersebut. Itulah top 3 news hari ini.

Mereka yang hadir adalah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan Anies Baswedan, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), politikus senior Golkar Jusuf Kalla, sampai Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Mereka duduk di satu meja.

Anies dan AHY duduk bersebelahan saat bukber Partai NasDem tersebut. Di sebelah Anies Baswedan secara berurutan ada Surya Paloh dan Jusuf Kalla. Di samping JK ada Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi. Kemudian di sebelahnya, Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi.

Sementara itu, Pimpinan Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Said Aqil Siradj turut angkat bicara soal larangan buka puasa bersama (bukber) bagi pejabat-aparat pemerintah.

Said Aqil menilai, larangan buka puasa bersama justru menyinggung perasaan umat islam. Sebab buka puasa bersama ini sudah menjadi budaya umat muslim di Indonesia.

Menurut Said, sikap pemerintah itu sebagai bentuk intervensi berlebih atas kehidupan keagamaan, yang selama ini menjadi domain para pemimpin agama dan ormas-ormas keagamaan. Namun, diambil alih pemerintah melalui intervensi kebijakan yang cenderung represif secara psikologis bagi umat.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Penasihat Hukum David Ozora, Mellisa Anggraini yang membeberkan ada upaya dari pelaku anak inisial AG menghilangkan jejak kejahatannya.

Salah satunya, menurut Mellisa, menghapus riwayat percakapan pada 20 Februari 2023 atau sebelum penganiayaan terjadi.

Tergambar peran anak inisial AGH alias AG pada rekan adegan yaitu memuluskan rencana Mario Dandy Satriyo (20) aniaya David Latumahina alias Cristalino David Ozora.

AGH alias AG bersama Mario Dandy, serta Shane menemui David di rumah rekannya di Pesanggrahan. Mereka berdalih untuk mengantarkan kartu pelajar.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 25 Maret 2023:

2 dari 4 halaman

1. Surya Paloh, Anies Baswedan, JK, AHY, dan Airlangga Duduk Satu Meja di Buka Puasa NasDem

Partai NasDem menggelar buka puasa bersama di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu 25 Maret 2023.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh, bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan Anies Baswedan, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), politikus senior Golkar Jusuf Kalla, sampai Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto hadir dalam acara itu. Mereka duduk di satu meja.

Anies dan AHY duduk bersebelahan. Di sebelah Anies Baswedan secara berurutan ada Surya Paloh dan Jusuf Kalla. Di samping JK ada Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi. Kemudian di sebelahnya, Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi.

Di samping kiri AHY ada Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni dan Imam Besar Masjid Istiqlal.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Said Aqil: Larangan Buka Puasa Bersama Menyinggung Perasaan Umat Islam

Pimpinan Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Said Aqil Siradj menilai larangan buka puasa bersama justru menyinggung perasaan umat islam. Sebab buka puasa bersama ini sudah menjadi budaya umat muslim di Indonesia.

"Secara umum itu menyinggung perasaan umat Islam karena ini sudah jadi budaya," kata Said dalam acara Tadarus Kebangsaan dan Penyusunan Peta Jalan Kepemimpinan Muslim Indonesia di Jakarta, Sabtu 25 Maret 2023.

Menurut Said, sikap pemerintah itu sebagai bentuk intervensi berlebih atas kehidupan keagamaan, yang selama ini menjadi domain para pemimpin agama dan ormas-ormas keagamaan.

Namun, diambil alih pemerintah melalui intervensi kebijakan yang cenderung represif secara psikologis bagi umat.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kubu David Ozora Ungkap AG Pacar Mario Dandy Berupaya Hilangkan Bukti Kejahatan, Apa Itu?

Penasihat Hukum David Ozora, Mellisa Anggraini, membeberkan ada upaya dari pelaku anak inisial AG menghilangkan jejak kejahatannya.

Salah satunya menghapus riwayat percakapan pada 20 Februari 2023 atau sebelum penganiayaan terjadi.

Tergambar peran anak inisial AGH alias AG pada rekan adegan yaitu memuluskan rencana Mario Dandy Satriyo (20) aniaya David Latumahina alias Cristalino David Ozora.

AGH alias AG bersama Mario Dandy, serta Shane menemui David di rumah rekannya di Pesanggrahan. Mereka berdalih untuk mengantarkan kartu pelajar.

Dalam reka adegan, anak AG berkomunikasi dengan David via WhatsApp. Anak AG waktu iru memberitahukan posisinya telah berasa di dekat rumah temannya David. Pada saat itu, Mario Dandy Satriyo turut mengirimkan voice note (pesan suara) menggunakan telepon genggam anak AG. Mellisa mengatakan, bukti percakapan itu pun kini telah terhapus.

"Yang hapus chat adalah anak AG pada saat hari kejadian beberapa chat di bawah itu banyak dihapus sama mereka sehingga kita tidak tahu isi komunikasi di bawah seperti apa apa saja," kata Mellisa saat dihubungi soal AG pacar Mario Dandy, Sabtu 25 Maret 2023.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.