Sukses

Salat Tarawih Perdana, Masjid Istiqlal Jakarta Dipadati Ribuan Jamaah

Jamaah dari Jakarta dan sejumlah daerah lainnya, memadati Masjid Istiqlal pada Shalat Tarawih perdana puasa Ramadhan 1444 Hijriah.

Liputan6.com, Jakarta - Jamaah dari Jakarta dan sejumlah daerah lainnya, memadati Masjid Istiqlal pada Salat Tarawih perdana puasa Ramadhan 1444 Hijriah.

"Saya pernah salat di sini sebelumnya. Sebetulnya sama saja salat dimanapun, tapi kebetulan lagi main ke sini makanya salat di sini," kata Ardian (45), warga asal Bengkulu yang ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/3/2023).

Selain itu, warga dari daerah yang lain pun juga hadir dalam Salat Tarawih perdana di Masjid Istiqlal. Seperti Arrijal, warga asal Bandung yang baru pertama kali mengikuti ibadah Salat Tarawih di masjid yang terletak di Jakarta Pusat tersebut. Pada Salat Tarawih perdana ini jamaah memenuhi ruang ibadah hingga lantai dua masjid.

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar dalam konferensi pers menyatakan pihaknya siap menggelar ibadah Salat Tarawih perdana.

"Masjid Istiqlal sudah siap untuk menampung seperti sediakala sebelum pandemi COVID-19, kita tidak membatasi," kata Nasaruddin. Dilansir dari Antara.

Nasaruddin mengatakan bahwa Masjid Istiqlal memiliki kapasitas 250 ribu jamaah, namun untuk sementara hanya 150 ribu yang dapat digunakan sambil melihat situasi dan kondisi ke depan.

"Kapasitas masjid 250 ribu. Tahun ini kita akan berusaha membuka 150 ribu, sisanya yang 100 ribu di selasar belum akan kita gunakan, tapi jika kondisi memungkinkan nanti akan kita gunakan bahkan hingga ke lantai lima," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Keamanan dan Fasilitas

Selain itu, sejumlah persiapan keamanan dan fasilitas juga telah disiapkan oleh pihak Masjid Istiqlal dalam menyelenggarakan Salat Tarawih.

"Kami menyiapkan gerbang Al-Fattah untuk jamaah laki-laki serta Al-Qudduus untuk jamaah perempuan. Gerbang As-Salaam juga kita buka partisinya, jadi jamaah tidak perlu memutar," kata Ketua Panitia Ramadhan 1444 H Masjid Istiqlal, Bukhori.

Ibadah Salat Tarawih perdana Ramadhan 1444 H di Masjid Istiqlal dipimpin oleh Imam Al-Hafidz Mudzakkir serta Khotib Nasaruddin Umar berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Selain Salat Tarawih, Panitia Ramadhan Masjid Istiqlal menggelar lebih dari 20 program kegiatan ibadah selama Ramadhan 1444 Hijriah mulai dari berbuka puasa bersama hingga iktikaf. Kegiatan lainnya seperti Kuliah Subuh, Dialog Zuhur, juga Pelatihan Baca Al-Qur'an termasuk membuka loket pembayaran zakat juga hadir menyemarakkan bulan suci Umat Islam tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.