Sukses

Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Anies, Jubir Singgung Chemistry

Juru Bicara Anies Baswedan, Hendri Satrio, menanggapi peluang politikus Gerindra Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden untuk Anies Baswedan. Hendri mengingatkan ada lima kriteria bagaimana calon pendamping untuk Anies.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Anies Baswedan, Hendri Satrio, menanggapi peluang politikus Gerindra Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden untuk Anies. Hendri mengingatkan ada lima kriteria bagaimana calon pendamping untuk Anies.

Lima kriteria itu adalah bisa membantu kemenangan, memperkuat koalisi perubahan, membantu Anies di pemerintahan, setia di garis perubahan, dan memiliki chemistry.

Namun, Hendri menegaskan calon wakil presiden merupakan kewenangan sepenuhnya Anies untuk memilih. Karena itu poin kelima kriteria calon wakil presiden menjadi penting.

"Itu enggak bisa saya menilai, harus Mas Anies. Terutama kan ada kriteria kelima, chemistry. Jadi enggak bisa saya yang berpendapat karena pilihannya ada di mas Anies Baswedan," ujar Hendri kepada wartawan, Selasa (7/3).

Hendri mengatakan, belum ada nama calon wakil presiden yang dikeluarkan oleh Anies sampai hari ini.

Tetapi sudah ada sejumlah nama yang beredar. Dari internal koalisi perubahan ada nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, dan politikus PKS Ahmad Heryawan.

Sementara dari kepala daerah ada dua nama potensial yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Jadi memang sampai hari ini belum ada nama yang dikeluarkan. Sementara nama yang beredar kan ada beberapa nama. kalau dalam koalisi perubahan ada AHY, Aher, Sohibul iman. Terus ada kepala-kepala daerah. Ada Bu Khofifah dan Ridwan Kamil," ujar Hendri.

Sampai saat ini nama-nama tersebut belum dibahas oleh Anies dan partai koalisi.

"Tapi belum pernah ada yang dibahas. Jadi yang disampaikan Mas Anies baru kriteria, belum bicara nama," ujar Hendri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Usulkan Sandiaga

Sebelumnya, Rabu (22/2), Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Iqbal menyatakan Sandiaga Uno berpeluang diusung sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan.

"Saat ini, PKS belum menentukan cawapres, artinya Sandi masih berpeluang untuk bisa diusung PKS. Siapa saja berpeluang, termasuk Sandi, apalagi punya survei yang tinggi dan pernah menang bersama Anies," katanya di Jakarta.

Hal itu disampaikan Iqbal menanggapi hasil survei Voxpol Center Research and Consulting, dimana pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berpotensi diduetkan untuk Pemilu 2024.

"Saya kira Mas Sandi ini adalah orang yang sangat dekat dengan PKS, karena pernah diusung dan ini adalah pasangan yang pernah menang, artinya kami menyambut baik survei Mas Sandi yang tinggi," katanya menegaskan.

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.