Sukses

Heru Budi Gemar Agendakan Tanam Pohon di Jakarta Mirip Acara PDIP, Bakal Jadi Kader?

Penjabat atau Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan penanaman pohon di Taman Sensori Jalan Pandawa RT 008 RW 002 Kelurahan Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (28/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta Penjabat atau Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan penanaman pohon di Taman Sensori Jalan Pandawa RT 008 RW 002 Kelurahan Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (28/2/2023).

Pantauan Liputan6.com, Heru tiba di lokasi, dia disambut masyarakat dan sejumlah tokoh setempat.

Nampak hadir Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Bayu Meghantara, dan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce.

Selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru terhitung rutin mengadakan kegiatan tanam pohon. Dia bahkan, membuat agenda khusus untuk menanam pohon.

"Jadi ini saya kesekian kalinya melakukan penanaman pohon dan penghijauan milik Pemda seluas 9.900 meter yang akan dilakukan, ada taman, ada tempat bermain, dan ini adalah bersama-sama dengan masyarakat dengan tokoh masyarakat," kata Heru.

Agenda rutin tanam pohon yang dilakukan Heru ini sekilas mirip dengan rangkaian acara yang seringkali diadakan Partai PDI Perjuangan (PDIP).

Diketahui, partai asuhan Megawati Soekarnoputri itu kerap melakukan gerakan penghijauan di tiap giat partainya.

Saat ditanyai perihal kemiripan tersebut apakah termasuk mandat dari PDIP, Heru Budi tak menjawab lugas. Dia mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk mengisi sela-sela kesibukan.

"Pertama, di sela-sela kesibukan saya ke lapangan ketemu masyarakat, ya nanam pohon untuk penghijauan Jakarta. Ya untuk Jakarta supaya sukses. Sukses Jakarta untuk Indonesia," jelas dia.

Adapun pohon yang ditanam pada giatnya kali ini ialah jenis Tabebuya dengan berbagai jenis seperti Tabebuya Bunga Kuning.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Gemar Tanam Pohon

Diketahui, ribuan kader PDI Perjuangan (PDIP) berkumpul di alun-alun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Minggu (19/2/2023) untuk menjalankan perintah ketua umumnya Megawati Soekarnoputri.

Adapun mereka bersemangat memulai aksi bersih lingkungan dan berolahraga, diiringi tabuhan marching band serta karnaval Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan salam dari Megawati kepada peserta dan ribuan masyarakat Lebak yang hadir.

“Saya menyampaikan salam dari Ibu Megawati Soekarnoputri dan mengucapkan terima kasih karena kami melihat bahwa kader PDI Perjuangan bersama dengan masyarakat telah bergotong royong merawat lingkungan, merawat pertiwi, dengan membersihkan sungai, dengan menanam pohon-pohonan, menjaga lingkungan hidup agar tetap asri,” kata Hasto.

Karnaval tersebut memang menjadi pengawal kegiatan hari itu. Usai karnaval, akan dilakukan senam sicita dan aksi bersih sungai dan sampah hingga menanam pohon. Kata Hasto, bagi PDIP, dengan membersihkan sungai, menanam pohon adalah bagi kehidupan yang lebih baik serta sehat.

“Dengan membersihkan sungai, menanam pohon, menghasilkan oksigen bagi kehidupan,” ujarnya.

Dan kegiatan merawat bumi itu tidaklah lengkap bila tak disertai oleh gerakan kebudayaan. Karenanya, karnaval budaya dijadikan kegiatan yang memulai hari untuk memompa semangat. Apalagi di Banten, Hasto mengutip pernyataan Sejarawan yang juga Sahabat Megawati, Bonnie Triyana, di bumi Banten ini sebenarnya mengandung seluruh kekayaaan tradisi Nusantara yang luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.