Sukses

JK Melayat ke Rumah Duka Almarhum Eks Ketum MUI KH Ali Yafie

Bagi JK, sosok KH Ali Yafie adalah seorang ulama yang sangat baik dan berperangai lemah lembut.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) ke 10 dan 12 Jusuf Kalla atau JK melayat ke rumah duka almarhum KH Ali Yafie di Jalan Menteng V FC 5/12 Perumahan Menteng Residence, Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan. Dalam kesempatan itu, dia turut menyolatkan mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) tersebut.

Berdasarkan video yang dibagikan ke wartawan, kedatangan JK langsung disambut keluarga KH Ali Yafie yang memang memiliki kedekatan antar keluarga dengan JK. Proses menyolatkan dan mendoakan almarhum pun langsung dilakukan setibanya di rumah duka.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) KH Ali Yafie meninggal pada Sabtu, 25 Februari 2023 sekitar pukul 22.13 WIB di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Wakil Presiden ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) pun mengenang sosok kiai yang wafat pada usia 96 tahun itu.

“Ali Yafie adalah teman dari ayah saya Haji Kalla, pernah sama-sama membesarkan NU di Sulsel,” tutur JK dalam keterangannya kepada wartawan.

Kedekatan tersebut membuat keluarga Ali Yafie meminta JK untuk datang ke RS Bintaro pada Sabtu, 25 Februari 2023, demi menemani almarhum yang kondisinya terus menurun. Satu minggu sebelumnya, JK juga telah membesuk mantan Rais Aam PBNU itu dan masih sempat berkomunikasi seraya mendoakan.

Bagi JK, sosok Ali Yafie adalah seorang ulama yang sangat baik dan berperangai lemah lembut.

“Beliau seorang ahli tafsir yang rendah hati, saat berbicara suaranya pelan dan halus. Sebagai seorang ulama yang pernah memimpin MUI adalah sosok teladan seorang ulama panutan,” kenang JK.

Ali Yafie meninggal dunia setelah sempat dirawat selama beberapa saat. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Menteng V FC 5/12 Perumahan Menteng Residence, Bintaro sektor 7, Tangerang Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di Tanah Kusir

Rencananya, almarhum akan dikuburkan hari ini, Minggu (26/2/2023), setelah shalat zuhur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Mendiang Ali Yafie merupakan seorang ulama dari Sulawesi Selatan. Dia pernah menjabat sebagai Ketum MUI periode 1998-2000 dan merupakan Rais Aam PBNU tahun 1991-1992.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.