Sukses

Jokowi: Persemaian Mentawir di IKN Akan Produksi 20 Juta Bibit Per Tahun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Persemaian Mentawir di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur ditargetkan mampu memproduksi 20 juta bibit tanaman per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Persemaian Mentawir di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur ditargetkan mampu memproduksi 20 juta bibit tanaman per tahun. Dia menyebut persemain ini untuk mendukung penghijauan, reboisasi, dan penghutanan di IKN.

"Ini akan memproduksi kurang lebih 20 juta bibit per tahun. Kalau (Persemaian) Rumpin di Bogor itu 6 juta, kalau ini memproduksi 20 juta bibit yang disini," kata Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Dia menyebut pembibitan di Persemaian Mentawir merupakan tanaman-tanaman endemik Kalimantan, khususnya detrokapase, meranti, kamper, kapur, blangeran. Selain itu, pohon-pohon yang mulai hilang di Kalimantan.

"Dan juga beberapa pohon-pohon yang mulai di Kalimantan hilang. Sungkai, ini sungkai, yang akan mulai ditanam kembali tapi sungkai mungkin di daerah-daerah gambut," jelasnya.

Menurut dia, sebelumnya hanya ada satu jenis tanaman saja di kawasan IKN. Dengan adanya persemaian ini, maka masyarakat dapat melihat berbagai jenis tanaman, pohon, dan buah-buahan di kawasan IKN.

"Plus nanti ditambah pohon-pohon, buah-buahan, Durian, seneng semua kan? Jambu-jambuan, untuk mendatangkan satwa-satwa kembali," ujar Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Produksi 20 Juta Bibit Per Tahun

Dia menyampaikan target produksi 20 juta bibit per tahun merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah mengedepankan aspek lingkungan dalam pembangunan IKN. Jokowi pun meminta semua pihak tak meragukan komitmen pemerintah.

"Konsep besarnya komitmen kita kepada lingkungan itu dimulai dari sini. Jangan ada yang meragukan, 20 juta bibit disini, kalau pernah ke Rumpin, bisa bayangin kan? 6 juta, di sini 20 juta, besar sekali sehingga harus ada embung karena butuh air yang tidak sedikit," tutur Jokowi.

Adapun produksi bibit tanaman di Persemaian Mentawir tak hanya untuk IKN saja. Namun, juga wilayah di Pulau Kalimantan, khususnya yang harus dihutankan kembali.

"Yang di sini bukan hanya untuk Ibu Kota Nusantara. Sekali lagi, ini juga untuk Pulau Kalimantan yang misalnya, reklamasi, kawasan-kawasan bekas tambang, banyak sekali, lahan-lahan kritis, mau tidak mau harus dihutankan kembali," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.