Sukses

Jadi Kapolsek di Usia 33 Tahun, Seala Syah Alam Terapkan Terobosan Baru Melayani Masyarakat

Ketika berkunjung ke Polsek Pagedangan, suasana kekeluargaan langsung terasa. Imej polisi yang arogan dan galak pun runtuh seketika.

Liputan6.com, Tangsel - Sudah menjadi tugas polisi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang masih enggan mendatangi kantor polisi untuk menyelesaikan masalah hukum yang menerpa mereka.

Kenyataan tersebut menimbulkan ide segar dari Kapolsek Pagedangan Polres Tangerang Selatan (Tangsel), AKP Seala Syah Alam untuk mengubah kantornya seperti rumah nenek.

Ya, perwira menengah yang berulang tahun ke-33 pada 18 Juni itu ingin agar masyarakat yang memberikan pengaduan dapat merasa nyaman ketika bercerita mengenai masalah yang mereka alami. Dinamakan “Rumah Nenek” karena selama ini nenek identik dengan sosok wanita bijak yang dapat merangkul siapa saja.

Dan benar saja, ketika kita berkunjung ke Polsek Pagedangan, suasana kekeluargaan langsung terasa. Imej polisi yang arogan dan galak pun runtuh seketika.

"Polri saat ini dihadapkan dengan berbagai dinamika yang sangat dinamis. Kehadiran Polri di tengah masyarakat sebagai alat negara memegang peranan penting dan strategis. Untuk itu polisi harus memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal pelaporan," ujar AKP Seala Syah Alam kepada wartawan belum lama ini.

Wanita yang memiliki hobi olahraga basket, boxing hingga padle tennis ini mengatakan jika tujuan utamanya memang menciptakan rasa nyaman kepada masyarakat ketika berkunjung ke Polsek Pagedangan.

"Jadi harus membuat masyarakat nyaman ketika berinteraksi. Baik kepada polri secara personal maupun fasilitas di kantor polisinya," ucapnya.

Usaha tersebut ternyata tak sia-sia. Buktinya, apa yang dilakukan Polsek Pagedangan tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat. Hampir tak ada lagi jarak antara polisi dan masyarakat.

Masyarakat dengan leluasa dan tanpa rasa takut menceritakan mengenai keluhan-keluhan mereka. Bahkan sesekali mereka pun dapat bercanda dan tertawa lepas dengan pihak kepolisian.

"Masyarakat sangat mengapresiasi terhadap pelayanan Polsek Pagedangan. Selain itu Kapolsek juga langsung menerima setiap aduan yang masuk melalui nomer telepon yang kapolsek sebarkan. Setiap penanganan aduan sigap ditangani," jelas AKP Seala Syah Alam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkeliling Menyambangi Masyarakat

Usaha untuk mendekatkan diri ke masyarakat ternyata tak hanya mengubah Posek Pagedangan dengan konsep “Rumah Nenek’ saja. Setiap hari, AKP Seala Syah Alam juga berkeliling di wilayah hukum Polsek Pagedangan untuk menyambangi masyarakat secara langsung.

"Menyambangi masyarakat itu adalah kegiatan rutin setiap hari. Saya tidak mau masyarakat merasa ada sekat atau tembok dengan kami pihak kepolisian," tegas AKP Seala Syah Alam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini