Sukses

Kapolda Metro Jaya: Peran RW Sangat Penting di Masyarakat, Ibarat Ujung Saraf

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bicara pentingnya fungsi Rukun Warga (RW) di dalam suatu lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bicara pentingnya fungsi Rukun Warga (RW) di dalam suatu lingkungan. Menurut Fadil, segala urusan masyarakat pasti melibatkan RW dari mulai dari lahir hingga meninggal dunia.

"RW ini sangat penting peranannya. Dalam beberapa kesempatan peran RW ini luar biasa, apa yang nggak diurusi oleh RW. Dari urusan lahir sampai dikebumikan ini urusannya sama RW, dari urusan mau kawin sampai ngawinin anak, pokoknya semuanya," kata Fadil Imran Minggu (5/2/2023).

Fadil mengatakan, peran RW seperti ujung saraf kalau diibaratkan organ tubuh manusia. Dia menerangkan, RW bisa merasakan, mendengarkan, melihat secara langsung harapan warga dan kejadian di lingkungan warga.

Fadil melanjutkan, agar ujung saraf ini berfungsi dengan baik, Bhabinkamtibmas dan Babinsa hadir menemani. Inilah pentingnya peran RW dari sekian banyak tugas karena termasuk ujung bagian saraf.

"Betapa pentingnya peran RW tapi kalau RW ibaratkan manusia ini menjadi kecamatan ini menjadi bagian-bagian tubuhnya. Jadi kalau Jaksel ada Setiabudi. Ini lah organ-organ tubuhnya. Lalu RW sebagai apa? Kalau dia sebagai jari maka dia akan menjadi ujung jari, ujung urat saraf dari kita semua dari komponen pemerintah Pemprov DKI Jakarta yang diketuai oleh bapak Gubernur," ujar Fadil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Dengarkan Keluhan

Kapolda Metro Jaya bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dan Pangdam Jaya menghadiri acara Guyub Ketua Rukun Warga di salah satu mal kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Minggu (5/2/2023).

Dia menerangkan, tujuan pertemuan untuk saling mengenal satu sama lain. Fadil mengatakan, agama mengajarkan untuk terus memperkuat silaturahmi karena dampaknya memperpanjang umur, membuka pintu rezeki.

"Dari silaturahmi ini, saling kenal ini, saya berharap kita semua bisa saling mendengarkan, berkeluh kesah, apa yang perlu didengarkan oleh kami-kami. Saya bersama jajaran siap mendengarkan bapak dan ibu sekalian ketua RW," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.