Sukses

Netflix Larang Pengguna Berbagi Password atau Akun Mulai Maret 2023

Netflix akan melarang penggunanya berbagi password atau berbagi akun secara gratis. Disebutkan, aturan itu berlaku pada akhir Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Netflix akan melarang penggunanya berbagi password atau berbagi akun secara gratis. Disebutkan, aturan itu berlaku pada akhir Maret 2023.

Pada Oktober lalu, raksasa streaming itu mengatakan akan mulai menagih pelanggan yang berbagi akun Netflix mereka. Tetapi kala itu Netflix tidak memberikan tanggal atau informasi spesifik kapan kebijakan baru akan diberlakukan.

Dalam laporan pendapatan kuartal empat yang dirilis akhir pekan lalu, Netflix mengungkapkan akan menerapkan sistem berbagi berbayar di seluruh platform di bagian akhir kuartal satu.

“Pembagian akun yang meluas saat ini (100 juta+ rumah tangga) merusak kemampuan jangka panjang kami untuk berinvestasi dan meningkatkan Netflix, serta membangun bisnis kami,” kata Netflix dalam surat kepada pemegang saham, dilansir New York Post.

Jika sebelumnya para pengguna bisa berbagi akun dengan individu yang tidak tinggal serumah, sementara ini, penggunaan akun Netflix dibatasi hanya untuk yang tinggal serumah. 

"Kami menyadari ini adalah perubahan bagi anggota yang berbagi akun secara lebih luas.”

“Jadi, kami telah bekerja keras untuk membuat fitur tambahan baru yang meningkatkan pengalaman Netflix, termasuk kemampuan anggota untuk meninjau perangkat mana yang menggunakan akun mereka dan untuk mentransfer profil ke akun baru.”

Perusahaan mencatat bahwa kebijakan baru kemungkinan akan mengarah pada "keterlibatan jangka pendek" yang "berdampak negatif" karena beberapa pengguna berhenti mengonsumsi konten di platform karena kehilangan akun gratis.

Namun, Netflix meyakinkan para pemegang saham bahwa, meskipun ada perubahan baru, engagement akan tumbuh “seiring waktu karena kami terus memberikan rangkaian program yang bagus dan peminjam mendaftar untuk akun mereka sendiri.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya Bisa Digunakan untuk yang Tinggal Serumah

Mengutip laman Help Center Netflix pada Desember tahun lalu, perusahaan mengatakan satu akun hanya bisa berbagi password dengan mereka yang tinggal bersama.

"Untuk menegakkan aturan tersebut, Netflix akan memantau alamat IP Pengguna, ID perangkat, dan aktivitas di akun," tulis perusahaan.

Halaman "Berbagi akun Netflix Anda" di Hepl Center Netflix untuk pasar Costa Rica, Chili, dan Peru pada Rabu, 1 Februari 2023 mengatakan "siapa pun di rumah Anda (mereka yang tinggal serumah dengan Anda)" dapat menggunakan akun Netflix.

Sedangkan bagi individu yang dianggap Netflix bukan bagian dari orang yang tinggal serumah harus punya akun sendiri. Atau pemilik akun yang digunakan orang luar dapat menambahkannya sebagai "anggota tambahan", menurut halaman web tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Kisaran Biaya Akun Tambahan

Biaya "anggota tambahan" ke akun dengan paket standar atau premium adalah "kurang dari harga paket dasar [Netflix]", tambah halaman Help Center untuk tiga negara itu. Biaya bulanan tambahan itu akan dibebankan kepada orang yang akunnya ditambahkan ke "anggota tambahan".

Diketahui, perusahaan telah menguji pembayaran tambahan bilamana pengguna ingin berbagai password dengan orang lain di beberapa negara Amerika Latin.

Pada Desember lalu, sempat disebutkan biaya yang akan dikenakan per akun tambahan adalah sekitar USD3 atau Rp31 ribuan.

Selain itu, perusahaan juga berencana untuk menurunkan harga berlangganan dengan dukungan iklan bagi pelanggan yang ingin tetap berbagi password tetapi tidak tinggal bersama.

 

 

4 dari 4 halaman

Dilaksanakan Bertahap

Perusahaan menyebutkan, razia berbagi password ini akan dilakukan secara bertahap untuk melihat bagaimana reaksi dari pengguna Netflix.

“Ketika seseorang masuk ke akun Anda dari perangkat yang bukan merupakan bagian dari lokasi utama, atau jika akun Anda diakses secara terus-menerus dari lokasi lain, perangkat itu mungkin diblokir untuk menonton Netflix,” kata situs web itu juga.

Untuk mendeteksi perangkat yang ditautkan ke lokasi utama akun, perusahaan mengatakan menggunakan alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun.

Mengaitkan perangkat dengan lokasi utama melibatkan “menghubungkan ke Wi-Fi di lokasi utama Anda, membuka aplikasi atau situs web Netflix dan menonton sesuatu setidaknya sekali setiap 31 hari,” jelas halaman Help Center untuk Costa Rica.

Apa yang disebut "perangkat tepercaya" itu memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming konten di Netflix saat tidak berada di lokasi utama.

Orang masih dapat menggunakan layanan streaming saat bepergian atau tinggal dari berpindah-pindah kota dengan menggunakan kode akses sementara atau memperbarui lokasi utama akun.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini