Sukses

Melihat Gaya Humas Tanpa Sekat Polda Jawa Tengah

Peran Humas di Kepolisian sangat mempengaruhi kondisi Kamtibmas. Seluruh jajaran Humas pun dituntut memiliki manajemen komunikasi yang baik serta interaksi tanpa sekat demi mendulang partisipasi aktif publik, tak terkecuali di Polda Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Peran Hubungan Masyarakat (Humas) di Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tentu mempengaruhi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Seluruh jajaran pun dituntut memiliki manajemen komunikasi yang baik serta interaksi tanpa sekat demi mendulang partisipasi aktif publik, tak terkecuali Polda Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudusy turut fokus memperhatikan arus informasi yang begitu cepat mengalir di era digital media sosial seperti saat ini. Dinamika informasi bohong alias hoaks hingga fenomena peristiwa memerlukan upaya penanganan yang cepat dan akurat.

“Ini jelas pekerjaan yang tidak mudah untuk mengelola dinamika yang terjadi,” tutur Iqbal saat dihubungi, Selasa (17/1/2023).

Di bawah komando Iqbal, roda tugas pokok dan fungsi Bidang Humas Polda Jawa Tengah sejauh ini berjalan dengan baik. Menjabat sejak Juni 2021, banyak program, kebijakan, hingga keberhasilan tugas yang dapat sampai ke masyarakat.

Salah satunya yang terkenal di Jawa Tengah adalah ketika mencuat permasalahan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Situasi sempat memanas saat muncul penolakan terkait penambangan batuan andesit, yang nantinya menjadi penyuplai utama bahan baku pembangunan Bendungan Bener.

“Sebab, Polri jadi garda terdepan untuk mengawal proyek strategis nasional. Berkat kesabaran mengelola isu dan dinamika di Wadas, gejolak warga dapat diredam dan proyek strategis nasional itu memungkinkan untuk digarap,” jelas dia.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 itu memang tercatat punya banyak pengalaman mengelola bidang kehumasan. Seperti riwayat tugas di Divisi Humas Mabes Polri, dia sempat mendampingi Irjen Dedi Presetyo yang kala itu Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) dan Irjen Argo Yuwono di Biro Penmas.

Sebelum menjabat Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Iqbal sempat bertugas di Bagian Produk Kreatif Biro Multimedia Divisi Humas Polri. Tidak ketinggalan respons cepat tanpa sekat kepada awak media saat menjadi Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Nemangkawi di Papua.

“Wartawan media lokal maupun nasional semuanya mesti dilayani, meskipun tentunya masing-masing wartawan atau media punya kebutuhan informasi dan konfirmasi yang berbeda-beda,” kata Iqbal.

Kebiasaan itu masih dilakukan Iqbal saat menjabat sebagai Kabid Humas Polda Jawa Tengah. Baginya, memberikan informasi cepat dan akurat merupakan tugas agar kemudian bisa diolah para wartawan untuk menjadi berita yang layak dikonsumsi publik.

“Kemitraan seperti ini yang dirasakan media akan sangat bermanfaat menunjang tugas-tugas jurnalistiknya,” terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terobosan Kreatif

Adapun salah satu terobosan kreatif Bidang Humas Polda Jawa Tengah antara lain kegiatan live report atau laporan langsung dari anggota Polri di lapangan, dengan tujuan agar masyarakat mengetahui situasi kamtibmas terkini. Seperti saat bencana banjir di penghujung Desember 2022 yang melanda wilayah pantai utara (pantura).

“Petugas kepolisian seperti Kapolsek, Bhabinkamtibmas, anggota lalu lintas maupun petugas lain melaporkan langsung ke masyarakat kegiatan kepolisian yang mereka laksanakan. Live by phone. Jadi kami secara tidak langsung mendorong mereka untuk menjadi jurnalis warga atau citizen journalist,” ungkap Iqbal.

Kemudian, ada program ‘Polisi Hadir’ hasil kerja sama Bidang Humas Polda Jateng dengan RRI Semarang dengan live report anggota Polri pada jam siaran pukul 05.00-24.00 WIB.

“Masyarakat nanti bisa juga mendapatkan informasi tentang aplikasi yang tengah dikembangkan Polri, ungkap kasus, daerah rawan kamtibmas dan informasi terkini lainnya,” tambah Iqbal.

Ada juga program ‘Jumat Curhat’ yang memungkinkan masyarakat bertanya atau bahkan berkeluh kesah tentang pelayanan kepolisian. Lewat berbagai program tersebut, Bidang Humas Polda Jawa Tengah tmenerima sejumlah penghargaan dari Mabes Polri.

 

3 dari 3 halaman

Raih 4 Penghargaan

Pada kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernis) Divisi Humas Polri T.A. 2022 pada 22-23 Maret 2022 di Jakarta, Bidang Humas Polda Jawa Tengah menerima empat penghargaan dari Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Salah satunya peliputan media dan media sosial teraktif pada jajaran Bidang Humas Polda se-Indonesia.

Polri TV dan Radio juga memberikan penghargaan kepada Iqbal sebagai pengirim konten berita terbanyak tingkat Polda dan Polres jajaran, serta kategori pemberitaan kreatif dan kategori rilis terbaik kasus menonjol.

“Penghargaan itu tidak lepas dari dukungan Kapolda dan Wakapolda Jawa Tengah yang selalu mengarahkan anggota pengemban fungsi humas untuk terus bekerja keras serta mengembangkan skil dan kreativitas,” tutur Iqbal.

Kadiv Humas Polr Irjen Dedi Prasetyo turut mengapresiasi langkah Bidang Humas Polda Jawa Tengah yang dinilai mampu mengelola isu dengan cerdas. Hal tersebut secara tidak langsung berdampak pada terciptanya iklim kamtibmas yang kondusif.

"Terima kasih pada Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal yang telah berperan sebagai dirijen orkestra pengelolaan isu secara cepat, tepat dan dapat diterima masyarakat," ujar Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.