Sukses

Anies Puji Megawati: Penjaga Konsolidasi Demokrasi Indonesia

Capres Partai NasDem Anies Baswedan memuji Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden hingga tiga periode.

Liputan6.com, Jakarta - Capres Partai NasDem Anies Baswedan memuji Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden hingga tiga periode. Anies menyebut, keputusan Megawati itu menujukkan kualitas kepemimpinannya dalam sistem demokrasi.

"Bu Megawati telah menunjukkan kualitasnya sebagai penjaga sistem pelembagaan demokrasi kita. Penjaga konsolidasi demokrasi Indonesia," kata Anies saat presentasi di Singapura, Kamis (12/1).

Anies menilai, sebagai politikus senior yang berpengalaman menjadi oposisi sejak era Orde Baru maupun reformasi, Megawati menjadi bukti produk demokrasi yang taat konstitusi.

Kata dia, meski kader dan partainya sedang berkuasa saat ini, Megawati tidak lantas berkeinginan untuk mempertahankan kekuasaan melalui sistem yang keliru.

"Beliau mau menerima dan mengikuti sistem konstitusi Indonesia yang membatasi kekuasaan presiden hanya dua periode saja," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penutup Polemik

Anies berharap, pernyataan Megawati yang tak ingin masa jabatan presiden tiga periode menjadi penutup polemik tentang perpanjangan periode jabatan presiden.

"Dan dari apa yang kita lihat dari pernyataan Ibu Megawati hari ini, saya kira akan meredam polemik yang menghangat saat ini. Saya yakin polemik itu akan berakhir minggu depan," tutup Anies.

3 dari 3 halaman

Megawati Tolak Wacana Presiden 3 Periode

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjawab isu ‘presiden tiga periode’. Dia menegaskan, masa jabatan Presiden hanya maksimal dua periode.

“Lah kalau sudah dua kali, maaf, ya dua kali,” tegas Megawati saat peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-50 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1).

Megawati kemudian menyinggung nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, Jokowi tergolong pintar sehingga berhasil menduduki kursi Presiden.

“Bukan Pak Jokowi enggak pintar. Ngapain saya jadiin kalau enggak pintar,” ucapnya.

Sumber: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri