Sukses

Pemprov DKI Siagakan 502 Unit Pompa Stasioner dan 461 Pompa Mobile Hadapi Cuaca Ekstrem

BMKG mengungkapkan, ada potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas signifikan selama periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menyiapkan total 502 unit pompa stasioner dan 461 pompa mobile untuk menghadapi musim hujan di wilayah DKI Jakarta.

Yusmada mengatakan bahwa pompa-pompa itu itu bakal di sebar ke 181 lokasi dengan jumlah pintu air sebanyak 799 unit di 547 lokasi. 

Sementara itu, SDA DKI juga mensiagakan alat berat sebanyak 230 unit. Kemudian, ada 4.179 personil pasukan biru serta 1.753 operator pompa dan pintu air.

Yusmada menjelaskan bahwa koordinasi ini untuk memastikan seluruh pompa, alat berat dan infrastruktur pengendali banjir dapat beroperasi dengan optimal untuk menangani potensi cuaca ekstrem. 

"Dan seluruh personil siaga dan tanggap dalam mengantisipasi maupun penanganan kejadian banjir/genangan," kata Yusmada dalam keterangannya, dikutip Rabu (28/12/2022).

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas signifikan selama periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Dwikorita menjelaskan dimana pada periode itu bakal ada sejumlah wilayah diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat. 

"Jadi ada 11 provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat hingga sangat lebat bahkan dikawatirkan dapat menjadi ekstrem apalagi saat ini memang memasuki puncak musim hujan," kata Dwikorita dalam konferensi pers daring, Selasa 20 Desember 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Hujan Lebat di Sejumlah daerah

Potensi hujan lebat hingga sangat lebat diprediksi terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara itu, sebagian wilayah Indonesia lainnya berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. 

"Kemudian ada 9 provinsi pada periode tersebut berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang jadi lebih rendah lagi, namun hingga lebat," katanya

Wilayah yang dimaksud antara lain Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.