Sukses

Wapres Ma’ruf Amin Dorong Pembangunan PLUT KUMKM di Seluruh Daerah

Wapres Ma'ruf Amin meresmikan PLUT KUMKM untuk enam daerah di Indonesia secara serentak.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) bertujuan untuk memberikan jasa layanan yang komprehensif dan terpadu bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM.

Untuk itu, pemerintah mendorong pembentukan PLUT KUMKM di seluruh daerah di Indonesia.

“Upaya pengembangan koperasi, UMKM, dan wirausaha ini sangat penting kita galakkan di seluruh daerah, karena lewat upaya ini pula kita ingin membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” ujar Ma’ruf Amin saat Peresmian PLUT KUMKM Semarang, dikutip dalam keterangannya, Selasa (27/12/2022).

Selain PLUT KUMKM Kabupaten Semarang, Ma’ruf juga meresmikan secara serentak PLUT KUMKM lainnya di lima daerah Indonesia, yaitu PLUT Kabupaten Buleleng, Bali; PLUT Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah; PLUT Kabupaten Dairi, Sumatra Utara; PLUT Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan; dan PLUT Kotamadya Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Saya sangat senang karena kehadiran layanan terpadu ini diharapkan menjadi akselerator tumbuh kembang koperasi, UMKM dan wirausaha yang selama ini ikut menggerakkan ekonomi,” ungkapnya.

Ma’ruf juga menekankan pentingnya industri, pertanian, dan pariwisata (Intanpari) untuk menciptakan jangkauan pasar yang lebih luas.

“Potensi Intanpari harus terus digali agar tercipta diversifikasi, produktivitas, daya saing, serta jangkauan pasar yang kian luas merambah pasar global,” tuturnya.

Selain itu, Wapres mengakui pemerintah bersama dengan para pemangku kepentingan masih harus terus meningkatkan kualitas UMKM.

“Kita masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup serius, karena mayoritas UMKM masih berskala mikro dan kecil. Selain itu, rasio kewirausahaan Indonesia juga baru sekitar 3,47% yang mesti terus kita tingkatkan,” imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Kontribusi Majukan Ekonomi Nasional

Ma’ruf meyakini kekayaan potensi ekonomi Indonesia, sehingga optimalisasi UMKM dapat dikelola dengan baik. “Saya yakin masih banyak potensi yang bisa dikelola lebih baik lagi dan bernilai ekonomi tinggi,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Wapres berpesan agar para pelaku UMKM dapat memberikan kontribusi dalam memajukan ekonomi daerah dan nasional melalui pemanfaatan PLUT KUMKM secara optimal.

“Saya mengimbau pelaku usaha, penggiat UMKM, dan masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan PLUT KUMKM ini sebaik-baiknya, sehingga berkontribusi positif memajukan ekonomi daerah dan nasional,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.