Sukses

Heru Budi Sebut Dugaan Pungli BUMD DKI Tengah Diusut Inspektorat

Dugaan pungli yang dilakukan salah satu anak BUMD DKI terkuak saat Ketua RW 016 Perumahan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara Santoso Halim diberhentikan usai ungkap kasus pungli terkait pengelolaan fasum dan fasos.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanggapi soal dugaan pungli atau pungutan liar yang dilakukan salah satu anak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu menjawab singkat bahwa kasus dugaan pungli tengah dalam penanganan Inspektorat DKI Jakarta.

"Lagi tangani sama Inspektorat," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 20 Desember 2022.

Sebelumnya, Ketua RW 016 Perumahan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara Santoso Halim diberhentikan usai ungkap adanya dugaan pungli yang dikeluhkan masyarakat di lingkungannya terkait pengelolaan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) di perumahan elit tersebut.

Santoso menerima surat pemberhentian dirinya pada Kamis, 16 Desember 2022 lalu sekitar pukul 23.00 WIB. Dimana beredar surat pemberhentian dirinya sebagai Ketua RW yang ditandatangani Lurah Kelurahan Pluit Sumarno dan disahkan oleh Camat Penjaringan Depika Romadi.

Santoso mengatakan bahwa fasum dan fasos di perumahan elit Pantai Mutiara kerap dijadikan bisnis oleh berbagai pihak, termasuk oleh pengembang dan anak usaha dari PT Jakarta Propertindo (JakPro) perseroan daerah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Selain itu, perusahaan developer tak kunjung melakukan serah terima fasum dan fasos kawasan perumahan Pantai Mutiara yang berdiri sejak 1996 dengan luas area sekitar 100.000 meter persegi itu kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Hingga saat ini, atau sudah sekitar 36 tahun sejak perumahan tersebut berdiri, developer perusahaan tersebut, yakni PT Taman Harapan Indah, tak kunjung melakukan serah terima terkait fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) kepada pemerintah daerah untuk dikelola sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat," kata Santoso kepada wartawan, dikutip Rabu (21/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukti Telah Dikantongi

Perihal dugaan pungli, Santoso mengaku telah mengantongi sejumlah bukti. Dia juga telah melihat dokumen perjanjian kontrak sewa antara JakPro dan anak usahanya PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP).

Dia menemukan kejanggalan sebab dalam dokumen perjanjian disebut lokasi sewa tower yang akan dibangun berada di Pantai Mutiara blok A, sementara itu ditemukan tower justru dibangun berada jauh di blok Z.

Selain itu, Santoso juga mengungkapkan terjadinya pungutan sewa oleh anak usaha JakPro yang mencapai ratusan juta rupiah untuk biaya sewa kantor RW.

Terkait pungli ini, Santoso pernah menyampaikan keluhannya kepada anggota dewan. Selain itu, dia juga telah berupaya menjelaskan dugaan praktik pungli ini kepada lurah dan camat setempat. Namun, belum memperoleh respons.

3 dari 3 halaman

Heru Budi Akan Keliling Jakarta Saat Malam Tahun Baru

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, ia akan keliling Ibu Kota saat malam tahun baru. Nantinya, ia berangkat dari Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

"(Saya) Muter. Jadi kan dari Balai Kota, ke Thamrin, Sudirman nanti ke FX. Dari situ lepas ke Taman Mini (Indonesia Indah). Acaranya hiburan ya kan,” kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 20 Desember 2022. 

ebelumnya, ia juga mengaku akan keliling bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) saat perayaan natal.

"Jadi kesiapannya, kami sudah beberapa kali rapat dengan panitia termasuk diskusi kecil dengan Pak Kapolda dan Pak Pangdam (Jaya). Nanti ada rangkaian untuk bisa menyapa beliau-beliau yang merayakan natal dan kami keliling bersama Forkopimda," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 14 Desember 2022. 

Adapun pemerintah provinsi DKI Jakarta kembali mengadakan perayaan tahun baru setelah tahun lalu tidak ada pesta perayaan. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andika Permata mengatakan, perayaan tahun baru akan terpusat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Nanti juga ada festival malam tahun baru di TMII dan juga ada di lima wilayah kota dan satu kabupaten. Tempatnya (Jakarta) Pusat di Thamrin 10, kemudian (Jakarta) Utara di Kantor Walikota, (Jakarta) Barat di Kantor Walikota, (Jakarta) Selatan di Setu Babakan, (Jakarta) Timur di Old Shanghai Cakung, dan Pulau Untung Jawa untuk Pulau Seribu,” kata Andika di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 20 Desember. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.