Sukses

Heru Budi Minta Warga Pendatang Baru Punya Pekerjaan dan Rumah Tinggal di Jakarta

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mewanti-wanti warga pendatang baru memiliki skil kerja dan kepastian tempat tinggal jika ingin mengadu nasib di Jakarta. Fenomena pendatang baru di Jakarta ini kerap terjadi pasca-Lebaran Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mewanti-wanti warga pendatang baru memiliki skil kerja dan kepastian tempat tinggal jika ingin mengadu nasib di Jakarta. Fenomena pendatang baru di Jakarta ini kerap terjadi pasca-Lebaran Idul Fitri.

Heru Budi menyampaikan, penting bagi warga pendatang baru yang ingin mengadu nasib di Jakarta memiliki kemampuan kerja memadai dan kepastian tempat tinggal.

"Yang penting adalah mereka bisa bekerja dengan baik, mereka punya rumah tinggal. Intinya dari Pemda minta itu kepada masyarakat (pendatang baru)," kata Heru kepada wartawan, dikutip Selasa (9/4/2024).

Heru menyatakan, warga pendatang baru wajib mencatatkan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta saat arus balik lebaran 2024. Sehingga, proses pindah KTP terdata dengan baik.

"Kalau pendatang berarti tercatat di Dukcapil kalau di arus balik pindah KTP tercatat biasanya itu sedikit meningkat tapi dengan adanya kondisi sekarang penertiban administrasi kependudukan proses yang keluar itu lebih banyak daripada masuk," kata Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Pendatang Baru Akan Dicek Berkala

Menurut Heru, data warga pendatang yang masuk Jakarta saat arus mudik Lebaran Idul Fitri bakal dicek secara berkala. Khususnya, sepekan setelah lebaran 2024.

"Nanti satu minggu setelah lebaran ini, satu minggu setelah kembali nanti kita cek trennya gimana," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Heru Budi Tak Larang Warga Luar Daerah Mengadu Nasib di Jakarta

Lebih lanjut, Heru tak mempersoalkan warga luar daerah yang ingin mengadu nasib di Jakarta. Dia berpesan, agar warga pendatang bisa menjaga disiplin selama tinggal di Jakarta.

"Ya mudah-mudahan mendapatkan pekerjaan yang baik dan tentunya bisa menjadi warga jakarta yang disiplin, tidak buang sampah sembarangan dan bisa berbaur dengan masyarakat untuk menjaga Jakarta, menjaga keamanan kebersihan, dan lain-lain," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.