Sukses

PUPR soal Sodetan Kali Ciliwung Baru Terbangun 62 Persen: Masalah Atur Lahan

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bob Arthur Lombogia, menyatakan progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung di Jalan Otista Raya dan Jalan Kebon Nanas, Jakarta Timur baru mencapai 62 persen.

"Progres (pembangunan) 62 persen," kata Bob kepada wartawan, 1 November 2022.

Bob menjelaskan bahwa pihaknya terkendala masalah lahan dalam pembangunan sodetan Kali Ciliwung. Bob menyebut, tersisa satu area di daerah outlet (keluarnya air) yang belum dibebaskan.

"Saya kira dalam pembangunan ini masalah kita mengatur lahannya, tapi berkat bantuan dari Pemda. Kami sangat dibantu karena tinggal tersisa yang satu di daerah outlet segera akan kami bebaskan," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang meninjau lokasi sodetan menambahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menargetkan sodetan rampung April 2023.

"Insyallah April," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pembiayaan

Lebih lanjut, Heru mengatakan terkait pembiayan proyek dan dukungan sarana dan prasarana (sarpras) pengerjaan dikelola Kementerian PUPR.

Pemprov DKI, kata Heru bertanggung jawab pada persoalan administratif, seperti penetapan lokasi dan sosialisasi.

"Kami hanya kebijakan administratif, yaitu penetapan lokasi, terus sosialisasi kepada pemilik bangunan, sosialisasi kepada pemilik lahan, dan biaya yang timbul semuanya terkait proyek dan dukungan sarpras lain itu di Kementerian PUPR," kata dia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS