Sukses

Prabowo hingga Puan Maharani Hadiri Pengukuhan Guru Besar Sufmi Dasco

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum oleh Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat pada hari ini, Kamis (1/12/2022)

Pengukuhan dihadiri sejumlah tokoh negara seperti Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul "Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat" ia menyampaikan bahwa suasana pemilu adalah puncak dari pesta demokrasi di Indonesia.

"Dalam paham kedaulatan rakyat, rakyatlah yang dianggap sebagai pemilik dan pemegang kekuasaan tertinggi suatu negara. Rakyatlah yang menentukan corak dan cara pemerintahan diselenggarakan. Rakyatlah pula yang menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh negara dan pemerintahannya itu," kata Dasco dalam keterangannya, Kamis (1/12/2022).

Dasco juga menjelaskan bahwa jaminan dan perlindungan terhadap hak dan kebebasan warga negara merupakan pilar utama demokrasi.

"Sesuai prinsip kedaulatan rakyat, maka seluruh aspek penyelenggaraan pemilihan umum harus dikembalikan kepada rakyat untuk menentukannya," ungkap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Prabowo Minta Amanah Tetap Dijaga

Terkait pengukuhan tersebut, Menhan Prabowo Subianto yang hadir memberi sambutan berpesan kepada Dasco untuk tetap amanah mengemban jabatannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum.

"Kalau kita berjuang bersama, tidak ada atasan atau bawahan. Kalau kita berjuang bersama, kita memiliki nilai yang sama, kita adalah kawan seperjuangan. Kawan seperjuangan, tidak melihat posisi, tidak mementing duduk yang paling depan atau yang duduk paling belakang. Siapa tahu yang duduk paling belakang, dialah yang berbuat besar," kata Prabowo.

3 dari 3 halaman

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Berhasil Raih Gelar Profesor

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, resmi menyandang gelar Profesor usai penyerahan Surat Keputusan Jabatan Akademik Dosen Guru Besar di Kantor LLDIKTI Wilayah IV Bandung, Jawa Barat, Senin (10/10/2022).

"Saya Ucapkan Terimakasih Kepada Kepala LLDIKTI Wilayah IV M. Samsuri yang telah menyerahkan Surat Keputusan Jabatan Akademik Dosen Guru Besar secara langsung, Acara Penyerahan SK ini diselenggarakan di Aula Gedung A kantor LLDIKTI Wilayah IV Bandung," tulis Sufmi Dasco dalam akun instagram @sufmi_dasco, Senin (10/10/2022).

Untuk diketahui, kepedulian Dasco terhadap dunia akademisi terlihat dari aktivitas riset-riset penelitian yang banyak berkecimpung dalam bidang hukum.

Dia juga aktif dalam penulisan jurnal ilmiah, seperti penelitian dengan judul Legal protection carried out by the financial service authority in a dispute between consumers and insurance companies in Indonesia yang diterbitkan dalam International Journal of Social and Administrative Sciences.

Lalu Dasco juga pernah melakukan riset gaya kepemimpinan nasional sesuai karakter Pancasila. Artikel tersebut berjudul Finding Indonesian National Leaders Based On Pancasila ‘S Character dimuat dalam The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS