Sukses

Kriteria Pemimpin dari Presiden Jokowi, Kepala BIN: Kerutan 100 Persen Identik dengan Pak Prabowo

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki kriteria pemimpin yang diinginkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Salah satunya, kata dia, Prabowo memiliki kerutan di wajahnya.

Hal ini disampaikannya saat meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya sekaligus mencanangkan pembangunan AMN Makassar dan Manado di Jawa Timur, Selasa (29/11/2022). Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Prabowo juga turut hadir.

"Kami semua menyimak bahwa belakangan ini Pak Menhan Pak Prabowo semakin sering terlihat dekat dengan Pak Presiden Bapak Jokowi. Kita semua menangkap pesan, pesan dari Pak Jokowi tentang kerutan di dahi untuk menjadi ukuran kriteria," kata Budi Gunawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

"Maka, kami semua memperhatikan semua dari tadi, kerutan tersebut 100 persen identik dengan Pak Prabowo saat ini. Tingal warna rambut saja perlu penyesuaian Bapak," sambungnya.

Adapun Jokowi sebelumnya mengatakan bahwa ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan rakyat dapat terlihat dari rambut putih dan kerutan di wajah. Budi pun mendoakan agar Prabowo mendapat jalan yang baik.

"Kita doakan semoga beliau mendapat jalan baik, petuah kebaikan dari Pak Jokowi untuk jalan lebih cemerlang lagi ke depan," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Rambut Putih

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempersilahkan masyarakat untuk menafsirkan apapun pernyataan terkait pemimpin berambut putih.

Dia pun mengatakan bahwa banyak tokoh yang berambut putih, mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Rambut putih kan banyak banget. Pak Basuki itu rambutnya putih, Pak Hatta Rajasa rambutnya putih. Pak Ganjar juga rambutnya putih. Siapa lagi yang rambutnya putih," kata Jokowi kepada wartawan di Kota Pontianak Kalimantan Barat, dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022)

"Pak Prabowo juga rambutnya agak putih," sambungnya.

Dia meyakini orang yang bekerja keras dengan sungguh-sungguh akan mempengaruhi kondisi fisiknya. Misalnya, muncul kerutan di wajah dan rambut yang memutih.

"Entah itu saking mikirnya betul, mikir bener, kerutannya jadi kerutan wajahnya jadi banyak. Termasuk, juga rambut, mikirnya sangat berlebihan dan keras karena bisa saja, rambutnya jadi putih. Kan gitu aja," jelas Jokowi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    Prabowo Subianto
  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    Prabowo
  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan
  • BIN