Sukses

Asrama Mahasiswa Nusantara Siap Dihuni, Bakal Diresmikan Jokowi Besok

Pembangunan AMN Surabaya sendiri didanai dari APBN dan telah berdiri diatas lahan seluas 1,5 Hektare.

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya telah rampung pengerjaannya pada Mei 2022 lalu, Bangunan in rencananya bakal segera diresmikan Presiden Jokowi pada Selasa, 29 November 2022, besok. 

Pembangunan AMN Surabaya sendiri didanai dari APBN dan telah berdiri diatas lahan seluas 1,5 Hektare.

Direktur Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, pembangunan AMN Surabaya ini dapat menampung 532 mahasiswa dan diprioritaskan menampung 40 persen mahasiswa asli Papua yang berkuliah di Jawa Timur.

"Saat ini AMN Surabaya dalam pengelolaanya melibatkan stakeholder pendidikan yang ada diwilayah tersebut seperti  Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dan saat ini sudah dihuni oleh sekitar 410 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya dan sekitarnya," ujar Diana, Minggu, 27 November 2022. 

Bangunan AMN Surabaya terdiri dari dua tower setinggi lima lantai dengan mengadopsi konsep arsitektur tropis yang mengimplementasikan prinsip Bangunan Gedung Hijau. Blok satu dihuni mahasiswa perempuan dan blok kedua dihuni mahasiswa laki-laki. 

Selain sebagai hunian bagi mahasiswa berprestasi  penerima beasiswa, AMN Surabaya juga difungsikan untuk kegiatan pembinaan yang penyelenggaraannya dipercayakan kepada Badan Intelijen Negara (BIN).

BIN bersama kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan bekerja sama dalam pengelolaan dan pembinaan yang akan dilakukan di Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Pembinaan BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) yang saat ini dikepalai oleh Jenderal (Purn) Budi Gunawan, merupakan lembaga negara yang memliki peran sebagai lini terdepan  di bidang intelijen.

Program pembinaan oleh BIN diharapkan menjadi wadah yang dapat mencerminkan indahnya kebhinekaan di antara beragam perbedaan dari setiap mahasiswa yang akan menempati asrama tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) diberbagai daerah lainnya  berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021.

Adapun AMN yang akan di bangun di  daerah lainnya, diantaranya, Malang, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Minahasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.