Sukses

Survei Voxpol: Suara Pemilih Anies Baswedan Cenderung Pilih PKS dan NasDem

Lembaga penelitian Voxpol Center Research & Consulting merilis hasil surveinya, yang salah satunya merilis kencenderungan pemilih calon presiden dengan pilihan partai politik.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga penelitian Voxpol Center Research & Consulting merilis hasil surveinya, yang salah satunya merilis kencenderungan pemilih calon presiden dengan pilihan partai politik.

Dengan basis pemilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 25,8 persen, sebagian besarnya atau 45,4 persen akan memilih PDIP. Di urutan kedua pemilih Ganjar kepada PKB sebesar 16,8 persen.

"Dilihat dari arah dukungan pemilih kandidat calon presiden, pemilih Ganjar Pranowo cenderung untuk memilih PDIP," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago saat pemaparan survei di kawasan Cikini, Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Sementara, pemilih mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan cenderung memilih NasDem dan PKS.

Dengan basis pemilih Anies sebesar 25,4 persen, sebesar 16,1 persennya akan memilih NasDem di Pemilu 2024. Sementara, pendukung Anies akan memilih PKS sebesar 18,4 persen.

"Pemilih Anies Rasyid Baswedan cenderung memilih PKS dan NasDem," kata Pangi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Pemilih Prabowo

Sedangkan, pemilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagian besar kepada Gerindra. Tetapi, ada juga yang cukup besar memilih PDIP dan Golkar.

Pemilih Prabowo yang memilih Gerindra sebanyak 40,1 persen, kepada PDIP 13,2 persen, kepada Golkar 12,1 persen.

"Sementara pemilih Prabowo Subianto cenderung untuk memilih Gerindra," kata Pangi.

Survei digelar pada 22 Oktober 2022 sampai 7 November 2022. Survei memiliki responden sebanyak 1220 yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,81 persen.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.