Sukses

Satu Keluarga Tewas di Kalideres Diperiksa DNA, Polisi Cocokkan dengan Barang di TKP

Hengki menerangkan, temuan-temuan di rumah penemuna jenazah satu keluarga di Kalideres seperti buku-buku, struk belanjaan dan lainnya sedang dipelajari penyidik dibantu oleh ahli-ahli yang berkompeten.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Dokter memeriksa DNA empat jenazah yang ditemukan di dalam rumah di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat.

Keempat jenazah itu adalah Rudyanto Gunawan, dan K. Margaretha Gunawan dan Dian serta Budyanto Gunawan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menerangkan, tim dokter forensik hendak mencocokkan DNA korban dengan yang tertinggal di dalam rumah. DNA tersebut diambil dari barang-barang yang ada di lokasi.

"Tim labfor (laboratorium forensik) juga sedang mencocokan DNA dari temuan apakah sesuai dengan Kartu Keluarga dan sebagainya. Nanti kita akan ungkap semua itu. Dari sini bisa ketemu pentunjuk-petunjuk lain, kita analisa," kata Hengki di Polda Metro Jaya, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut, Hengki menerangkan, temuan-temuan seperti buku-buku, struk belanjaan dan lainnya sedang dipelajari penyidik dibantu oleh ahli-ahli yang berkompeten. 

"Masih didalami nanti kita akan cocokan itu, kondisi mayat dengan ini dan sebagainya. Jadi ini sedang proses semuanya mudah-mudahan setelah pemeriksaan selesai kita akan adakan rilis bersama para ahli," ujar dia.

Dia meminta semua pihak tidak membuat asumsi terkait penyebab kematian. Saat ini, kepolisian bersama-sama kedokteran forensik Polri maupun dari pakar UI, RSCM sedang menyelidiki secara komherensif.

"Pokoknya semua alat bukti akan kita teliti. Kita tidak boleh ambil kesimpulan prematur, harus kompherensif ini kita bersama-sama dibantu oleh para ahli," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Cari Kendaraan yang Dijual

Sebelumnya, sejumlah kendaraan milik keluarga tewas di Kalideres mulai terkuak, usai titik terang terkait mobil yang telah dijual sudah terungkap. Kini polisi tengah menelusuri kabar kepemilikan sepeda motor dari keluarga tersebut.

"Pokoknya segala informasi (kepemilikan sepeda motor) sudah kami telusuri, kami akan bawa pada saat proses penyelidikan selesai," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan di RS Polri, Kramat Jati, Rabu (16/11/2022).

Penelusuran kendaraan sepeda motor ini, kata Hengki, sedang coba diungkap seperti halnya kepemilikan mobil Brio dengan nomor polisi B 2601 BRK yang telah dijual Budyanto Gunawan selaku pemilik kendaraan pada 20 Januari 2022.

Diketahui bahwa Budyanto Gunawan adalah salah satu dari keempat jenazah keluarga tewas di Kalideres yang merupakan ipar dari Rudiyanto.

"Sebagaimana diketahui rekan-rekan sekalian beberapa waktu lalu ada pertanyaannya bahwa ada barang-barang daripada korban ini yang kita ambil seperti mobil itu sudah kita telusuri ternyata dijual pada bulan Januari oleh almarhum budiyanto (ipar) di salah satu showroom di sekitar TKP," beber dia.

Selain kedua kendaraan mobil dan motor, Hengki juga mengatakan bahwa pihaknya tengah menelusuri beberapa barang yang hilang dan saat ini tengah diteliti oleh penyidik. Dirinya yakin bakal dapat menguak motif dari sekeluarga tewas ini.

"Kemudian ada beberapa barang juga yang kita teliti tidak ada di tempat namun sudah dalam tahap penyelidikan. InsyaAllah kita akan temukan, untuk mengetahui motif yang sebenarnya dari peristiwa ini," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.