Sukses

KKB Serang Kamp Pertambangan di Pegunungan Bintang Papua, 1 Orang Tewas

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan membakar camp mining 81 di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan membakar camp mining 81 di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIT, Sabtu 5 November 2022.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan kejadian tersebut.

"Tadi malam sekira pukul 18.00 WIT, kami mendapat laporan bahwa telah terjadi penyerangan dan pembakaran oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang," kata Kamal dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Dia menjelaskan pelaku adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo. 

Menurut dia, tempat kejadian perkara penyerangan ini bersebelahan dengan TKP sebelumnya, yang mana salah satu pekerja dipenggal kepalanya oleh KKB Papua.

“Pelaku yang melakukan pembakaran tersebut adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo, dan lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya yang mana salah satu penambang dipenggal kepalanya,” jelas Kamal.

Dia mengataka, dalam kejadian tersebut terdapat satu korban jiwa. Korban adalah Rolmo Aldus Tuenoa (29).

“Korban mengalami luka sabetan sajam pada pergelangan tangan hingga putus dan menyebabkan korban kehabisan darah,” jelas Kombes Kamal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relatif Aman

Sementara untuk korban meninggal dunia sudah dievakuasi ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel.

Polisi pun tengah memeriksa saksi untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

"Saat ini korban dan saksi-saksi di evakuasi ke Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel, selanjutnya para saksi akan dimintai keterangan," ujar Kamal.

Namun, dia menerangkan, saat ini situasi di Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman dan kondusif.

“Situasi di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman don kondusif, personel gabungan terus meningkatkan penjagaan dan patroli,” pungkas. Kamal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.