Sukses

Sabam Sirait Dinilai Sosok Teladan dalam Dunia Politik

Hanta menuturkan, apa yang telah dilakukan Sabam Sirait semasa hidupnya tentu sangat membanggakan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menilai sosok almarhum Sabam Sirait ialah teladan dalam dunia politik. Hal itu disampaikan Hanta dalam forum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang bertajuk In Memoriam: Sabam Sirait di Mata Pemuda.

Hanta menyebut, Sabam Sirait bukan sosok yang biasa di dunia politik. Menurut dia, pemikiran Sabam Sirait sangat menginspirasi karena perjuangan politik itu diwariskan ialah perjuangan yang suci.

“Jejak beliau sosok yang langka, merasakan getar getir dunia politik. Pak Sabam Sirait adalah satu panduan yang bisa dijadikan Kompas perjalanan politik ke depan. Siapa pun yang akan menjalankan misi sucinya dalam politik, pak Sabam bisa menjadi panutan, dan guru,” jelas Hanta yang hadir melalui sambungan zoom, Kamis 13 Oktober 2022.

Lebih lanjut, Hanta menuturkan, apa yang telah dilakukan Sabam Sirait semasa hidupnya tentu sangat membanggakan. Bukan hanya bagi keluarga, tetapi bagi semua yang kenal dan tahu akan pemikirannya.

“Beliau bukan orang biasa, jejak pemikirannya menginspirasi kita semua. Bukan hanya membanggakan bagi keluarga, tetapi juga bagi politisi muda, khususnya bagaimana perjalanan beliau dalam dinamika politik bangsa,” tutur Hanta.

Hanta mengatakan, berkat jejak perjalanannya, Sabam Sirait dianugerahi berbagai penghargaan. Terobosannya terutama di era orde baru sangat dikagumi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramah Terhadap Siapa pun

Terakhir, Hanta menceritakan bagaimana Sabam Sirait sangat ramah terhadap siapa pun. Meski terpaut jauh di sisi usia, Sabam menurut Hanta tak segan untuk berbagi ilmu dan berbincang dengan anak muda.

“Keramahan beliau menjadi salah satu teladanan kemanusiaan. Dan patut menjadi inspirasi bagi anak-anak muda saat ini,” tutup Hanta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.