Sukses

Kemendagri Sebut Keppres Pj Gubernur DKI Jakarta Keluar Pekan Depan

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan membenarkan Sidang Tim Penilai Akhir (TPA) terkait penunjukan Penjabat atau Pj Gubernur DKI Jakarta digelar hari ini, Jumat (7/10/2022), tepatnya pukul 10.00 WIB. Sidang TPA itu dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Yang pertama, sidang pembahasan akhir atau sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk penunjukan Pj Gubernur itu memang sudah dilaksanakan hari ini. Tadi pagi jam 10 ya, mulainya jam 10 tadi kalau saya enggak salah ya," kata Benni kepada Liputan6.com, Jumat (7/10/2022) malam.

Dia menjelaskan, sidang TPA itu digelar untuk membahas tiga nama usulan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

"Sidang itu membahas tiga nama, sebagai mana nama-nama yang diusulkan oleh DPRD Provinsi," kata dia.

Benni menyampaikan nama itu bakal dituangkan dalam keputusan presiden (keppres) terlebih dahulu untuk kemudian diumumkan ke publik. Keppres itu, lanjut dia, dijadwalkan terbit pekan depan.

"Nah untuk hasilnya itu akan dituangkan dalam kepres. Mudah-mudahan keppres itu akan terbit minggu depan. Jadi kita tunggu Kepresnya saja siapa nanti yg ditugaskan atau ditunjuk menjadi Pj Gubernur DKI," jelas Benni.

Dia enggan menanggapi soal kabar yang beredar mengenai nama Kasetpres Heru yang disebut telah resmi dipilih oleh Presiden Jokowi.

"Kita tunggu Kepres saja. Karena kita berpegang kepada Kepres. Jadi kita gak mau berspekulasi. Tunggu Kepres aja," ujar dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tunjuk Heru Budi Hartono

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, ditunjuk pihak Istana menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat Gubernur DKI. Hal itu dikonfirmasi dari sejumlah informasi yang diperoleh Liputan6.com, Jumat (7/10/2022).

“Iya valid,” kata seorang sumber yang diterima Liputan6.com, Jumat (7/10/2022).

Namun saat dikonfirmasi langsung, Heru sendiri sampai saat ini belum menjawab pesan singkat dan telepon awal redaksi Liputan6.com.

Selain itu, Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidan Politik dan Media, Kastorius Sinaga mengatakan bahwa benar hari ini Tim Penilai Akhir (TPA) untuk PJ DKI sudah dilakukan.

“Kita tunggu saja Keputusan Presiden (Keppres) atas PJ DKI keluar karena memang kita berpegang pada Keppres,” singkat dia saat dihubungi terpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.