Sukses

Infografis Tokoh-Tokoh Populer Dideklarasikan Jadi Capres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu Presiden atau Pilpres 2024 masih jauh di depan mata. Komisi Pemilihan Umum atau KPU baru akan menggelar secara serentak pilpres dan pemilu legislatif pada 14 Februari 2024.

Namun, dua partai politik atau parpol telah mendeklarasikan tokoh populer yang mempunyai elektabilitas tinggi sebagai bakal calon presiden atau capres 2024. Kedua parpol itu, yakni Partai Nasional Demokrat atau NasDem dan Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.

NasDem yang diketuai Surya Paloh memilih Anies Baswedan sebagai capres yang akan diusung partainya. Deklarasi disampaikan langsung Surya Paloh di Kantor Partai NasDem, kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober 2022.

Pada hari yang sama, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Grace Natalie juga mengumumkan capres yang akan diusung partainya. Capres yang dipilih, yaitu Ganjar Pranowo, tokoh populer yang kerap menduduki peringkat atas prediksi capres pemenang Pilpres 2024 yang digelar beberapa lembaga survei.

"PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres PSI di 2024. Sejak awal Pak Ganjar atau kami akrab Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya. Bagi PSI Ganjar calon terbaik," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI itu dalam konferensi pers daring, Senin 3 Oktober 2022.

Jauh sebelumnya, tepatnya pada 12 Agustus 2022, Ketua Umum atau Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga dideklarasikan partainya sebagai Capres 2024. Saat itu, deklarasi berlangsung bersamaan dengan Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas Gerindra di Sentul International Convention Center.

Pun demikian Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. Kedua politikus yang juga masuk dalam 10 tokoh populer di sejumlah lembaga survei itu didesak mayoritas kader partainya untuk bertarung di Pilpres 2024.

Sementara, sejumlah parpol seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP secara resmi belum mengumumkan nama capres yang bakal diusung pada 2024. Pun demikian partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu juga belum menentukan nama Capres 2024.

Bagaimana 4 survei terkini bursa Capres 2024? Bagaimana pula ragam tanggapan terhadap deklarasi tokoh populer jadi Capres 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Infografis Tokoh-Tokoh Populer Dideklarasikan Jadi Capres 2024

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Hasil Survei Terkini Bursa Capres 2024

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Deklarasi Tokoh Populer Jadi Capres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.