Sukses

HUT ke-77 TNI, Deretan Alutsista Dipamerkan di Depan Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI dipamerkan di depan Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022). Alutsista itu dipajang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, setidaknya ada delapan alutsista yang dipajang di depan Istana Merdeka Jakarta. Deretan alutsista itu antara lain, Meriam 155 MM Caesar milik TNI AD buatan Perancis. Kendaraan tempur ini memiliki spesifikasi teknis jarak tembak 38 kilometer dan daya hancur 50 meter.

Kemudian, MLRS RM 70 Vampire milik Marinir TNI AL. Kendaraan buatan Cekoslavina tahun 2016 ini memiliki jarak tembak 20 kilometer.

Selanjutnya, MPCV Multipurpose Combat Vehicle buatan Perancis yang memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer. Kendaraan ini biasanya digunakan oleh Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD.

Lalu, ada Radar MCP Mistral Kostrad TNI AD yang digunakan Arhanud TNI AD. Kendaraan ini buatan Perancis-Indonesia tahun 2016, dan memiliki radius 30.000 meter.

Selain itu, Oerlikon Skyshield yang digunakan Kopasgat TNI AU. Kendaraan buatan Swiss ini merupakan penangkis serangan udara jarak pendek dengan kemampuan jarak deteksi radar maksimal 32 kilometer yang berfungsi melindungi obyek vital dari gangguan serangan udara serta rudal berkecepatan tinggi.

Ada pula Meriam 155 MM Caesar Kostrad TNI AD buatan Perancis 2012. Kendaraan yang digunakan Armed TNI AD ini mempunyai jarak tembak 39 kilometer.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 RI. Jokowi memberikan penghargaan tanda kehormatan kepada sejumlah prajurit TNI yang dinilai telah menjalankan tugasnya melebihi tugas pokok.

Peringatan HUT ke-77 TNI ini juga dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono menyampaikam masyarakat akan diberi kesempatan untuk menyaksikan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI. Hal ini agar masyarakat mengetahui bahwa pajal rakyat digunakan untuk memneli alutsista.

"Ini adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban kami kepada rakyat indonesia.karena alutsista ini semua dibeli juga dari rakyat Indonesia melalui pajak," tutur Eko, Jumat 30 September 2022.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Sinergitas Polri TNI Semakin Ditingkatkan dalam Atasi Krisis

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan HUT TNI ke-77 yang digelar di Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam amanatnya, Jokowi meminta agar diusianya yang ke-77 TNI semakin bersinergi dengan Polri dalam menangani berbagai macam permasalahan bangsa.  

"Saya minta kepada jajaran TNI dan jajaran Polri untuk bersinergi menyukseskan berbagai agenda nasional ini, dukung agenda nasional dalam penanganan krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (5/10/2022).

Selain itu, Jokowi juga meminta TNI dan Polri kompas  membantu dalam hal kemandirian pangan. Hal ini semua demi masyarakat Indonesia.

"Bantu kemandirian pangan, pengendalian inflasi, jaga pertahanan, dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan yang ada," tutur Jokowi.

Jokowi mengatakan saat ini dunia sedang dihadapi krisis yang sangat berat. Jokowi mengajak seluruh elemen untuk bersatu dan kompak agar Indonesia bisa menghadapi krisis itu.

"Saat ini situasi dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat, sangat berat. Setelah pandemi COVID-19 mereda, dunia saat ini diterpa krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Perang Rusia-Ukraina juga semakin memperparah keadaan," kata Jokowi.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, dan Ma'ruf tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.55 WIB. Kolonel Laut (PM) Moh. Erwin Kasirun bertugas sebagai Komandan Upacara. Dia merupakan lulusan TNI Angkatan Laut (AL) tahun 1998.

Sementara itu, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bertindak sebagai Perwira Upacara. Lulusan Akademi Militer tahun 1993 itu saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Upacara diawali dengan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-77 TNI, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Lalu, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional, Andi Widjajanto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, hingga Kepala BSSN Hinsa Siburian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.