Sukses

3 Oktober Peringatan Hari Smoothie Sedunia, Intip Resep Menarik yang Bisa Dibuat

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini 3 Oktober, diperingati sebagai Hari Smoothie Sedunia, melansir dari National Day Calendar di laman resminya https://nationaldaycalendar.com/, Senin (3/10/2022).

Lantas, apakah sebenarnya Hari Smoothie Sedunia itu? Dia adalah Rhea Mehta, Ph.D. yang menjadikan 3 Oktober sebagai Hari Smoothie Sedunia pada 2015 silam.

Rhea adalah ahli toksikologi molekuler dan ahli kesehatan dan kebugaran terkemuka dari Kanada. Setelah bertahun-tahun menderita masalah pencernaan, Rhea mampu mengatasi masalah kesehatannya dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Perubahan ini termasuk secara teratur mengonsumsi smoothie yang dicampur dengan makanan utuh.

Lalu, bagaimana memperingati Hari Smoothie Sedunia? Pada hari ini, merayakan bagaimana membuat smoothie yang dicampur dengan makanan utuh adalah cara yang mudah dan menyenangkan untuk mendapatkan nutrisi.

"Hari Smoothie Sedunia juga mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk minum smoothie," tulis laman https://nationaldaycalendar.com/.

Pada sebagian besar pedoman diet, direkomendasikan makan banyak buah dan sayuran setiap hari, sebab kaya akan nutrisi yang menjaga tubuh tetap sehat.

Namun sayangnya, tidak semua orang suka makan buah dan sayuran, sehingga sulit untuk mendapatkan nutrinya. Salah satu cara yang menyenangkan dan mudah untuk mendapatkan nutrisi buah dan sayuran adalah dengan membuat smoothie. Berikut bahan-bahan yang pada umumnya dipakai untuk membuat smoothie:

1. Buah apa pun (Buah Berrie dan pisang bekerja dengan sangat baik),

2. Sayuran, seperti bayam atau wortel,

3. Susu non-dairy, seperti susu almond atau oat,

4. Biji-bijian, seperti rami atau chiaseed,

5. Lemak sehat, seperti minyak kelapa atau alpukat,

6. Protein seperti yogurt.

Jika Anda memiliki semua bahan ini, maka sudah siap untuk membuat smoothie yang sehat dan lezat. Untuk memastikan tidak mengandung banyak gula, hanya 20 persen smoothie yang dibuat haruslah buah-buahan.

"Juga, untuk cairan, Anda harus menghindari penggunaan jus buah atau minuman manis lainnya. Hal yang menyenangkan tentang smoothie adalah bahwa ada banyak kombinasi makanan untuk dicampur bersama. Menyenangkan juga melihat warna yang bisa diapatkan dengan bahan yang berbeda," terang laman https://nationaldaycalendar.com/.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Resep Smoothie

Berikut beberapa resep smoothie yang bisa dibuat Anda di rumah:

1. Smoothie Stroberi Jeruk dan Jahe

Bahan-bahan:

1/4 gelas jus jeruk

1 buah pisang

1 jahe yang dikupas

2 cangkir stroberi beku

Khasiat:

Menurut Healthline, jahe dapat menekan nafsu makan, melancarkan pencernaan, dan mengurangi peradangan. Hal tersebut dapat membantu penurunan berat badan. Stroberi sangat rendah kalori dan kaya vitamin C, serat, kalsium, magnesium, dan kalium menurut HuffPost.

2. Smoothie Stroberi Kayu Manis

Bahan-bahan:

1 pisang matang berukuran kecil

1 cangkir stroberi beku

6 ons vanilla yogurt tanpa lemak

1/2 cangkir jus jeruk

1 sdm madu

1/2 sdt bubuk kayu manis

Khasiat:

Kayu manis telah digunakan untuk obat selama bertahun-tahun, menurut Medical News Today karena efek antimikroba dan anti-parasit. Hal ini bertindak sebagai anti-inflamasi dan membantu melancarkan pencernaan untuk membantu tubuh memproses makanan lebih baik.

 

3 dari 5 halaman

Resep Selanjutnya

3. Smoothie Nanas Bayam

Bahan-bahan:

3/4 gelas air

2 gelas potongan nanas beku (dicarikan)

1 alpukat matang dibelah dua

2 cangkir bayam

1/2 cangkir es batu

Khasiat:

Memasukkan bayam ke dalam smoothie dapat memberi manfaat seperti membantu meningkatkan kadar glukosa pada mereka yang menderita diabetes, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan memberi mineral dan vitamin yang dibutuhkan setiap hari.

Dicampur dengan beberapa buah, Anda bisa mendapatkan smoothie manis yang penuh nutrisi.

4. Smoothie Pisang Kacang Kayu Manis

Bahan-bahan:

1 cangkir susu kedelai vanili

1 pisang besar yang dipotong-potong

2 sdm selai kacang

1/2 sdt kayu manis

1 sdt madu

3 es batu

Khasiat:

Pisang dalam smoothie dapat membantu mengurangi kembung dan mengendalikan nafsu makan Anda, menurut Medical News Today.

 

4 dari 5 halaman

Resep Selanjutnya

5. Smoothie Bluberi

Bahan-bahan:

1,5--2 cangkir susu vanila almond tanpa pemanis atau air

1,5 cangkir bluberi beku

1,5 cangkir pisang beku

1/4 cangkir mentega almond

1/4 cangkir gandum (opsional)

Khasiat:

Bluberi sangat ideal untuk menurunkan berat badan karena secara alami manis tetapi rendah lemak dan kalori. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan beri saat mengawali hari dapat mencegah Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan pada beberapa jam setelahnya.

 

5 dari 5 halaman

Resep Selanjutnya

6. Smoothie Berry-Kiwi

Bahan-bahan:

1 cangkir stroberi beku

3/4 cangkir raspberi beku

1/2 cangkir bluberi beku

2 buah kiwi yang dikupas dan diiris

1 cangkir jus jeruk

Khasiat:

Buah kiwi dalam smoothie ini kaya vitamin dan antioksidan, termasuk kalsium, magnesium, vitamin C, dan vitamin E. Seratnya juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan penurunan berat badan dengan menurunkan trigliserida, ukuran lemak dalam darah, menurut untuk sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Platelet.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan dua hingga tiga kiwi per hari memiliki kadar trigliserida 15 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.