Sukses

Dukung TWG G20, Traveloka Perkuat Komitmen Pemulihan Pariwisata Pasca-Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai platform perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara. Traveloka terlibat secara aktif dalam Tourism Working Group (TWG) pada gelaran presidensi G20 Indonesia.

Bersama pemangku kepentingan di Sektor Pariwisata dari seluruh negara anggota G20, Traveloka berkomitmen turut menjaga momentum kebangkitan pariwisata tanah air melalui inovasi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) serta inisiatif untuk mendukung pariwisata yang berkelanjutan.

Vice President of Public Policy and Government Relations Traveloka, Widyasari Listyowulan mengungkap bahwa Traveloka berperan aktif dalam memberikan inisiatifnya tentang sustainability pariwisata untuk memastikan awareness dari isu-isu sustainability khususnya yang berkaitan dengan lingkungan.

Hal tersebut ia sampaikan saat Media Briefing yang berajuk 'Partisipasi Traveloka dalam Tourism Working Group G20' di Bebek Bengil, Nusa Dua, Bali pada Selasa (27/9/2022).

"Kita melihat sustainability adalah satu hal yang penting yang harus disupport. Untuk itu kita berkolaborasi dengan pemerintah untuk memastikan isu-isu sustainability ini dapat berjalan," Kata Widya

Kehadiran Traveloka di TWG G20 di Bali, selain untuk memberikan wadah komunikasi kepada pemimpin anggota G20, Dia menyebut pihaknya juga mengajak dan memberitahu masyarakat bahwa progres pariwisata sendiri khususnya Bali sudah mulai berjalan ke arah positif.

"Dengan relaksasi regulasi dan vaksinasi yang sukses ini sudah saatnya kita kembali untuk menyambut kemajuan yang ada di sektor pariwisata," Ujarnya

Dia memastikan bahwa ekosistem pasiwisata di Indonesia menjadi satu hal yang harus diperhatikan, salah satunya dengan melakukan pelatihan-pelatihan digitalisasi, khususnya di daerah yang masuk dalam destinasi super prioritas.

"Kita sudah diajak beberapa kementerian untuk memberikan pelatihan-pelatihan digitalisasi. Selain memberikan pelatihan kita juga support beberapa international Agenda sebelumnya seperti MotoGP,"

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Komitmen dalam Isu Lingkungan

Lebih lanjut, Widya mengatakan selama kurang lebih 10 tahun berdiri, salah satu komitmen Traveloka adalah pada isu-isu lingkungan.

"Apabila kita tidak berperan aktif dalam isu sustainable, maka tidak akan ada sustainable tourism,"

Adapun langkah yang ia lakukan dalam hal tersebut salah satunya adalah melakukan kolaborasi dengan salah satu lembaga internasional seperti Global Sustainablity Tourism Council (GSTC) untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya isu-isu yang berkaitan dengan sustainabilty kepada pihak-pihak pelaku pariwisata.

"Semua isu yang sifatnya sustainability itu dibahas dalam pelatihan-pelatihan yang kita berikan supaya ekosisitem pariwisata leaders ini bisa menularkannya kepada bawahan. Jadi sebagai platform kita memang mengajaknya dari komunitas atau partner kita,"

Sebagai informasi, Tourism Working Group melaksanakan rapat kerja yang kedua di tanggal 23 September 2022 di Bali yang menghasilkan G20 Bali Guideline, kumpulan strategi kebijakan dari negara-negara anggota G20. Panduan ini disahkan oleh seluruh Menteri Pariwisata negara G20 dalam Tourism Ministerial Meeting yang berlangsung pada 26 September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.