Sukses

Bajak Film Mencuri Raden Saleh, Sejumlah Situs Dilaporkan ke Polda Metro

ercatat, ada tujuh website yang menyediakan film Mencuri Raden Saleh ilegal. Tak menutup kemungkinan, akan terus bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah produksi Visinema Pictures mempolisikan sejumlah situs yang menayangkan Film Mencuri Raden Saleh. Penasihat hukum Muhammad Aris Marasabessy mewakili Rumah produksi Visinema Pictures membuat laporan ke Polda Metro Jaya, Rabu (21/9/2022). 

"Pada dasarnya kita datang ke sini karena ada pembajakan film beberapa website yang kami laporkan. Sudah kami laporkan terkait Film Mencuri Raden Saleh," kata dia di Polda Metro Jaya, Rabu (21/9/2022).

Aris mengatakan, para pelaku pembajakan merekam secara langsung Film Mencuri Raden Saleh dari dalam bioskop. Tercatat, ada tujuh website yang menyediakan film Mencuri Raden Saleh ilegal. Tak menutup kemungkinan, akan terus bertambah.

"Itu ful satu film. Yang lebih menyakitkan Mereka record langsung di dalam bioskop. Kita akan telusuri, yang pasti 7 ini yang benar-benar terbukti," ujar dia.

Aris menerangkan, Film mencuri Raden Saleh tayang perdana pada 25 Agustus 2022. Akibat pembajakan, pihak Visinema Pictures mengalami kerugian secara materiil. "Cuma secara nominal kami perlu konfirmasi lagi," ujar dia.

Terkait hal ini, Sutradara Angga Dwimas Sasongko mengaku kecewa. Padahal, ada banyak platform yang legal contohnya seperti bioskop online. Makanya dari sutradara ingin adanya efek jera.

"Tentu pasti ada perasaan kecewa dan sakit hati. Kalau dari visinema ingin penegakan hukum. Orangnya kalau bisa ditahan," ujar dia.

Laporan polisi itu sendiri tercatat dengan nomor STTLP/B/4844/IX/2022/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 21 September 2022. Pelapor atas nama Putro Mas Gunawan. Sementara, terlapor tertulis dalam lidik.

Atas perbuatannya, terlapor dipersangkakan melanggar Pasal 9 junto Pasal 113 UU RI nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta dan atau Pasal 32 junto Pasal 48 UU RI nomor 19 tahun 2018 tentang ITE.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Borong 5 Nominasi

Film Mencuri Raden Saleh datang membawa dua kabar gembira pekan ini. Pertama, karya sineas Angga Dwimas Sasongko itu telah mencuri perhatian dua juta penonton lebih.

Kedua, Mencuri Raden Saleh memborong lima nominasi di Festival Film Bandung (FFB) yakni Film, Sutradara, Penata Kamera, Pemeran Pembantu Pria, dan Penata Editing Terpuji Film Bioskop.

FFB adalah festival film yang digagas komunitas Forum Film Bandung sebagai apresiasi dan penghargaan atas karya sekaligus pencapaian insan layar lebar maupun televisi sejak tahun 1987.

Pencapaian di FFB dikabarkan akun Twitter terverifikasi dan Instagram rumah produksi Visinema pada 9 September 2022 seraya mengunggah infografis kategori yang didapat Mencuri Raden Saleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.