Sukses

Izak Hindom: Theys Tidak Berpengaruh di Irianjaya

Penyelesaian masalah Irianjaya tidak dapat menggunakan kekuatan militer karena dapat berakibat fatal. Karena itu, pemerintah sebaiknya memfokuskan diri pada upaya menampung aspirasi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta (12/12/00): Gerakan Theys Eluay sebenarnya tidak begitu berpengaruh dan menonjol di Irianjaya sehingga sebaiknya Theys dibebaskan. Demikian diungkapkan Mantan Gubernur Irianjaya Izac Hindom seusai melakukan pertemuan dengan Presiden Abdurrahman Wahid di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (12/12) siang

Menurut Izak, yang juga menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung, melepaskan Theys dari tahanan adalah jalan keluar yang terbaik. Sebab, pemerintah sebaiknya memfokuskan diri pada upaya menampung aspirasi masyarakat. Dalam kondisi seperti saat ini, ia mengimbau pemerintah agar lebih memperhatikan persoaaln rakyat Irianjaya.

Menurut Izac, penyelesaian masalah Irianjaya tidak dapat menggunakan kekuatan militer karena dapat berakibat fatal. Keinginan Presidium Dewan Papua sudah tercapai dengan penyelenggaraan Kongres Papua pertengahan tahun silam. Karena itu, tindakan Theys dan kawan-kawannya tidak begitu berpengaruh lagi.(HFS/Esther Mulyanie dan Andi Azril)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.