Sukses

Drama PPP: Suharso Diusir, Sandiaga Uno Datang

Cerita Elite PPP Kaget Lagi Bawa Sandiaga di Bimtek, Malah Ada Suharso di Ruangan Acara

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menceritakan kehadiran Suharso Monoarfa saat Bimtek atau workshop DPRD PPP se-Indonesia di Hotel Red Top Pecenongan, Jakarta, Selasa (6/9/2022). Menurut ketua panitia bimtek ini, kehadiran Suharso Monoarfa selaku mantan Ketua Umum PPP cukup mengagetkan. Sebab dalam agenda Bimtek memang tidak diundang Suharso sebagai narasumber.

Politikus yang akrab disapa Awiek ini kaget melihat kehadiran Suharso Monoarfa. Apalagi saat itu ia sedang membawa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang akan menjadi pembicara.

"Tadi pas saya kebetulan menjemput Pak Sandiaga Uno ternyata Pak Suharso masuk ke ruangan," kata Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Tidak ingin menyeret Sandiaga Uno ke dalam konflik internal partai berlogo Ka'bah, akhirnya dibawa Awiek ke ruangan transit. Awiek menunggu suasana di ruang acara kondusif baru membawa Sandiaga Uno ke ruangan tempat kader PPP.

"Saya sebagai tuan rumah tetap harus menghormati tamu, saya bawa ke ruangan transit supaya kondusif," katanya.

Awiek baru mengetahui ada keributan di dalam ruang acara. Suharso Monoarfa menyampaikan orasi politik terkait pemberhentiannya sebagai ketua umum di hadapan kader PPP.

"Rupanya saya sudah mendapat foto yang beredar itu, setelah ruangan kondisi stabil, kondusif, baru narasumber pak Sandiaga saya masukkan ke ruangan," katanya.

Akhirnya, Awiek dan Sandiaga Uno masuk ke ruangan setelah suasana kondusif. Ia sempat menyapa Suharso.

"Di situ juga sempat bertemu dengan Pak Suharso, saya juga sempat bertemu Pak Suharso ya salaman biasa," katanya.

Sejak awal acara bimtek itu bukan agenda internal partai. Sebab acara bimtek menggunakan anggaran negara. Karena itu, seharusnya acara ini bebas dari riuh politik internal PPP.

"Dan tidak boleh sembarangan, untuk itu harus dilaksanakan. Kan mereka datang ke sini pake uang negara, itu yang saja jaga, jangan sampe ada persoalan hukum di kemudian hari," ungkapnya.

Adapun Mukernas PPP yang digelar di Serang, Banten, Minggu 4 September 2022 memutuskan untuk memberhentikan Suharso Monoarfa sebagai Ketua Umum. Suharso digantikan oleh senior PPP yakni Muhammad Mardiono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melawan, Suharso Monoarfa Tegaskan Masih Jadi Ketum PPP

Suharso Monoarfa menegaskan dirinya masih sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP).  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) ini mengaku pihaknya menolak hasil Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Banten yang memutuskan memberhentikan dirinya.

Pernyataan itu disampaikan Suharso Monoarfa pada video di acara workshop DPRD PPP se-Indonesia, Hotel Red Top Pecenongan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

"Saya adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan. Apa yang telah dikembangkan adalah tidak benar," ujar Suharso dikutip dalam sebuah video, Selasa (6/9/202/).

Suharso meminta pihak Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP tidak membawa-bawa nama Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan lembaga negara Bappenas untuk melengserkan dirinya.

“Jangan bawa-bawa nama presiden, jangan bawa bawa nama lembaga lembaga negara dan saya juga tidak sedang membawa nama presiden dan nama lembaga negara,” kata dia.

“Presiden tidak ikut campur dalam hal semacam ini,” tambahnya

Suharso Monoarfa menegaskan Mukernas PPP yang mencopot dirinya tidak sah dan melanggar AD/ART.

Adapun Mukernas PPP yang digelar di Serang, Banten, Minggu 4 September 2022 memutuskan untuk memberhentikan Suharso Monoarfa sebagai Ketua Umum. Suharso digantikan oleh senior PPP yakni Muhammad Mardiono.

Saat ini pengurus PPP tinggal menjalankan proses administrasi untuk mendaftarkan pergantian ketua umum ke Kementerian Hukum dan HAM. PPP tengah melengkapi dokumen dan secepatnya akan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusis (Kemenkumham).

 

3 dari 3 halaman

Sederet Dosa Suharso Monoarfa di PPP

Pemberhentian Suharso Monoarfa dari jabatan ketua umum PPP merupakan kumpulan dari masalah di internal. Dari masalah elektabilitas PPP yang jeblok jelang pemilu hingga pernyataan kontroversial Suharso soal amplop kiai yang memicu kemarahan banyak pihak.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengakui, masalah pernyataan amplop kiai menjadi pemicu. Akibat pernyataan tersebut, tiga majelis PPP dua kali mendesak Suharso untuk mundur dari partai. Ketegangan antara Suharso majelis PPP mendorong digelarnya Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang memberhentikan Suharso dan mengukuhkan Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua umum.

"Itu tidak bisa dipungkiri ada sebagai faktor pendorong bukan penentu," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 5 September 2022.

Akhirnya, Partai Persatuan Pembangunan menggelar Mukernas untuk memberhentikan Suharso Monoarfa sebagai ketua umum. Dalam forum Mukernas, 30 DPW yang hadir menginginkan ada pemisahan fungsi dan tugas ketua umum. Ketua umum diminta fokus untuk konsolidasi dan tugas kepartaian. Tidak menjalankan fungsi di pemerintahan sebagai menteri.

"Jadi itu dominasi kesadaran dan keinginan agar ada diferensiasi atau pemisahan fungsi-fungsi dari fungsi kepartaian yang dibutuhkan untuk meningkatkan konsolidasi untuk memfokuskan kerja kepartaian dengan katakanlah fungsi-fungsi yang diemban pimpinan partai yang ada di pemerintahan," ujar Arsul.

Sejak lama di internal PPP menginginkan ketua umum tidak rangkap jabatan sebagai menteri. Diskusi di internal PPP sudah lama digaungkan dan Suharso juga sudah dengar.

"Kalau yang menjadi pimpinan ppp itu tidak merangkap di jajaran pemerintahan. Diskusi itu sudah lama dan pak Suharso juga sudah mengetahui," ujar Arsul.

Alasannya tidak jauh dari urusan Pemilu 2024. Arsul mengungkap elektabilitas PPP yang jeblok menjelang Pemilu 2024. Dalam beberapa survei, elektabilitas PPP disalip oleh Perindo.

"Apalagi ini sebagian, yang mau saya bilang adalah ketika kemudian katakanlah kok Perindo tiba-tiba di satu dua survei itu nyelip PPP, temen-temen itu kan ini gimana," ujar Arsul.

"Bukan tidak menyalahkan Pak Suharso, kemudian jawabannya kita harus melakukan pemisahan fungsi, pokonya yang di partai itu fokus ngurus partai gitu loh," tegas anggota Komisi III DPR RI.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.