Sukses

Resmikan Gereja Bethel Indonesia Jelambar Timur, Anies Bicara Keberagaman

Menurut Anies, Jakarta telah menjadi rumah bagi keberagaman di Indonesia. Dia berpesan, kepada seluruh jemaat GBI Jelambar Timur agar menjaga suasana keguyuban antar masyarakat di lingkungan GBI Jelambar Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Gedung Gereja Bethel Indonesia (GBI) jemaat Jelambar Timur, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2022). Pada kesempatan ini, Anies turut sampaikan pesan keberagaman di Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, Anies tiba di Gereja Bethel Indonesia Jelambar Timur pada pukul 11.19 WIB. Peresmian rumah ibadah ini, dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa pada hari ini, hari Sabtu tanggal 3 September tahun 2022, Gedung Gereja Bethel Indonesia Jemaat Jelambar timur dengan ini dinyatakan resmi digunakan," kata Anies.

Menurut Anies, Jakarta telah menjadi rumah bagi keberagaman di Indonesia. Dia berpesan, kepada seluruh jemaat GBI Jelambar Timur agar menjaga suasana keguyuban antar masyarakat di lingkungan GBI Jelambar Timur.

"Jakarta mencoba pelajaran itu dalam beberapa tahun terakhir ini karena kami percaya bila keadilan itu hadir maka otomatis rasa persatuan itu menguat dan ini semua harus diwujudkan dalam bentuk karya," ujar Anies.

Pada peresmian ini, disampaikan pula laporan pembangunan GBI Jelambar Timur oleh Ketua Panitia Pembangunan, Andreas Gina Jaya. Andreas memaparkan GBI Jelambar Timur dibangun tak jauh dari Gereja lama yang memiliki sejumlah masalah.

Andreas berujar masalah itu mulai dari Gereja yang mengalami kebanjiran, terbatasnya ruang pembinaan jemaat, serta tidak adanya lahan parkir.

Andreas menuturkan karena masalah tersebut diputuskan untuk membeli sebuah lahan. Kemudian, dilakukan perencanaan awal pada Agustus 2010.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Panjang Pembangunan

Lebih lanjut, Andreas menyampaikan setelah proses yang panjang, pada 12 Maret 2020 surat izin pembangunan akhirnya dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Selanjutnya, pada 20 Juni 2020 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan GBI Jelambar Timur.

Dia menyatakan, secara keseluruhan pembangunan gedung selesai pada 2021. Sementara itu, proses finishing atau penyelesaian termasuk interior GBI Jelambar Timur diselesaikan pada 2022.

"Sehingga saat ini gedung ini dapat diresmikan sebagai tempat ibadah yang layak dan baik," kata Andreas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.